Safari Ramadan di Desa Serading,  Wabup Sumbawa: Pemkab Sumbawa Terus Berikhtiar Memajukan dan Mensejahterakan Masyarakat
(Foto: Wakil Bupati Sumbawa Hj. Dewi Noviany, S. Pd., M. Pd, saat safari ramadhan di Desa Serading Moyo Hilir)

Sumbawa - Reportase7.com
Wakil Bupati Sumbawa Hj.Dewi Noviany, S. Pd., M. Pd, beserta rombongan melaksanakan safari ramadhan di masjid Nurul Mubhin di Desa Serading, Kecamatan Moyo Hilir, Sabtu (16/03/2024).

Dalam sambutannya Bupati Sumbawa mengatakan hajat besar dari kegiatan safari Ramadan adalah untuk mempererat silaturahim, sekaligus melihat secara langsung realisasi pembangunan juga untuk melihat kendala, hambatan, serta kesulitan yang dihadapi masyarakat
Dari hasil pantaun kami situasi Kamtibmas di kecamatan Moyo Hilir saat ini secara umum dalam keadaan baik aman dan terkendali.

"Saya berharap kondisi ini dapat terus dipertahankan sebagai modal utama kita dalam melaksanakan pembangunan di segala bidang. Selain itu juga saya menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban antara lain dengan cara mengaktifkan Siskamling agar tidak ada ruang bagi pelaku kejahatan untuk melakukan aksinya," ujar Hj. Novi.

Lebih lanjut wakil bupati menyampaikan permohonan maaf yang tulus seluruh masyarakat Kabupaten Sumbawa yang saya cintai khususnya warga Kecamatan Moyo Hilir jika selama kurun waktu hampir 3 tahun pelaksanaan pemerintahan kami (H. MO - NOVI) masih ada janji atau program yang belum terlaksana dengan baik.

"Insya Allah kami bersama seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Sumbawa terus melakukan ikhtiar maksimal untuk memajukan dan mensejahterakan seluruh masyarakat," terangnya.

Selain itu juga,  prmerintah terus berupaya untuk membangun porsi APBD yang pro rakyat dengan secara bertahap terus meningkatkan anggaran pembangunan baik yang tertuang dalam 10 program unggulan daerah maupun untuk membangun infrastruktur publik seperti jalan, jembatan, sarana prasarana pendidikan dan kesehatan, serta sarana publik lainnya.

Tentu juga porsi anggaran dari pemerintah Provinsi maupun Pusat akan terus diupayakan untuk meningkatkan sehingga semakin panjang jalan dan jembatan yang mampu dibangun di Sumbawa pada khususnya.

"Dengan porsi anggaran yang memadai, tentu semakin banyak sarana pendidikan dan kesehatan maupun sarana publik lainnya yang dapat kita perbaiki ataupun kita bangun," tandasnya.

Wakil Bupati juga menerangkan bahwa, di tahun 2024 Pemerintah Kabupaten Sumbawa telah mengalokasikan sekitar 4,6 miliar Rupiah yang tersebar dalam berbagai program atau kegiatan OPD untuk Kecamatan Moyo Hilir.


Wakil Bupati juga berbicara khusus di Desa Serading terkait ada program yang begitu istimewa dan luar biasa, karena tidak semua Kabupaten maupun Provinsi bisa mendapatkan program dari Kementerian Pertanian yaitu program UPLAND dari Tahun  2022.

"Saya lihat datanya bahwa di Desa Serading ini ada tujuh kelompok diberikan bantuan sebesar 3,8 miliar Rupiah, ini luar biasa sekali yang perlu kita syukuri karena tidak semua Kecamatan tidak semua Kabupaten mendapatkan program UPLAND  Alhamdulillah Kabupaten Sumbawa yang terdiri dari 24 Kecamatan hampir 18 Kecamatan sudah mendapatkan bantuan dari Kementerian berupa program UPLAND yang harus kita syukuri," tutup Wabup.

Berikut daftar Desa penerima bantuan dari pemerintah Kabupaten Sumbawa untuk Kecamatan Moyo Hilir tahun 2024

Dari dinas keperinda kabupaten Sumbawa bantuan diberikan kepada Desa Berare, Desa Ngeru, Desa Penyengar sebesar Rp 179.601.000.

Dari dinas Peternakan dan Keswan Kabupaten Sumbawa bantuan diberikan kepada Desa Batu Bangka, Desa Ngeru, Desa Kakiang, dan Desa Berare sebesar Rp 1055.600.000.

Dari dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Sumbawa diberikan kepada desa Labu Ijuk dan Prajak sebesar Rp 240.000.000.

Dari dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Sumbawa diberikan kepada 10 Desa sebesar Rp 15.739.345.600.

Dari dinas Sosial Kabupaten Sumbawa diberikan kepada Desa Kakiang sebesar Rp 20.000.000.

Dari Baznas Kabupaten Sumbawa sarung 10 buah untuk pengurus Masjid Desa Serading.

Dari Kementerian Agama kabupaten Sumbawa Alquran 5 buah.

Dari bagian Kesejahteraan Rakyat setda Kabupaten Sumbawa diberikan kepada dusun Serading Desa Serading, Kecamatan Hilir, Desa Kakiang dusun Pengenyar, Desa Poto, Desa Ngeru, Desa Berare, Desa Moyo sebesar Rp 145.000.000

Serta 25 paket sembako yang diberikan kepada pengurus Masjid bantuan dari pemerintah daerah Kabupaten Sumbawa untuk pembangunan Masjid Mubhin Desa Serading sebesar Rp 15.000.000.

Pewarta: Red
Editor: R7 - 01