(Foto: Air Terjun Aiq Kelep di tengah hutan Lingsar yang eksotis)


Lombok Barat - Reportase7.com

Terletak jauh di dalam hutan subur Lingsar di Kabupaten Lombok Barat, air terjun Aiq Kelep adalah salah satu objek wisata paling populer di distrik Lingsar, di samping kuil Pura Lingsar yang terkenal.

Untuk mencapai Aiq Kelep, pengunjung harus melakukan perjalanan melalui hutan lebat, dan dapat memakan waktu hingga 45 menit berjalan kaki dari Desa Giri Madya di Lingsar. Trek ini relatif mudah, tetapi bagi mereka yang baru mengenal area ini, disarankan untuk menyewa pemandu lokal.

Aiq Kelep berdiri sekitar 25 meter tinggi dan dikelilingi oleh vegetasi yang subur. Air terjun mengalir ke kolam yang sempurna untuk mandi dan bersantai. (02/09/2023)

Selain Aiq Kelep, ada air terjun kecil lainnya yang terletak di hulu bernama Undak Petelu. Meskipun ukurannya, Undak Petelu sama cantiknya dengan pasangannya yang lebih besar. Air terjun ini mengalir ke kolam kecil dangkal, menjadikannya tempat yang bagus untuk hanya duduk dan bersantai sambil menikmati hijau suburnya.

Kedua air terjun dikelilingi oleh lingkungan yang tenang dan damai, dan pengunjung dapat menikmati hari di hutan, piknik atau tidur siang santai di bawah naungan pohon-pohon. Tidak ada warung makan yang tersedia. Jadi, bawa makananmu sendiri.

Secara keseluruhan, Aiq Kelep adalah permata tersembunyi yang menawarkan pelarian yang tenang dari kesibukan kehidupan kota. Ini harus dilihat bagi siapa pun yang mengunjungi Lombok, dan cara yang bagus untuk mengalami keindahan alam Nusa Tenggara Barat, Indonesia.

Pewarta: Red
Editor: R7 - 01
Sumber: BPPD NTB