(Foto: Keindahan Air Terjun Mayung Polak di hutan belantara Timbanuh Pringgasela kaki gunung Renjani)


Lombok Timur - Reportase7.com

Berada di tengah hutan yang lebat, kerap bersembunyi di balik kabut pada pagi dan sore hari, air terjun Mayung Polak bak permata tersembunyi di hutan belantara Timbanuh, Pringgasela.

Memiliki ketinggian sekitar 35 meter, karya alam yang luar biasa ini berdiri megah sebagai penghias selatan Gunung Rinjani, menawarkan panorama yang memukau dan suasana yang damai. (01/09/2023)

Air terjun Mayung Polak bersumber langsung dari Gunung Rinjani. Tak heran jika airnya sangat sejuk dan menyegarkan.

Trekking menuju air terjun ini adalah perjalanan yang menantang dengan tingkat kesulitan sedang, cocok untuk pendaki pemula atau kalian yang memiliki tingkat kebugaran yang cukup. Dengan waktu tempuh sekitar 30-40 menit dari parkiran, menyisir hutan yang lebat dan sungai sungai alam yang jernih, kalian bisa menikmati keindahan alam yang mengagumkan ini.

Untuk menuju ke Mayung Polak, para pengunjung bisa menjadikan Desa Tetebatu sebagai patokan. Dari Tetebatu menuju ke Timbanuh hanya memerlukan  waktu sekitar 30 menit berkendara.

Meski Mayung Polak telah mulai dikelola, namun belum ada pengembangan yang signifikan. Fasilitas yang tersedia masih sangat minim karena lokasinya berada di dalam hutan. Oleh karena itu, sangat penting untuk membawa peralatan trekking yang memadai, seperti sepatu yang nyaman, pakaian yang sesuai, serta makanan dan air secukupnya.

Saat tiba di Mayung Polak, para pengunjung akan disambut dengan pemandangan air terjun yang spektakuler, diapit oleh pepohonan rimbun dan  suasana alam yang tenang dan menyegarkan.

Mayung Polak adalah pilihan sempurna bagi para penggemar alam dan kalian yang ingin mencari kedamaian di tengah keindahan alam Lombok Timur.

Dalam dekapan alam, setiap langkah adalah petualangan, setiap nafas adalah kesegaran, dan setiap pandangan adalah keindahan yang tak terlupakan.

Pewarta: Red
Editor: R7 - 01
Sumber: BPPD NTB