(Foto: Cintaku Faisa Putri Yana peraih juara 1 lomba Esay tingkat nasional)


Mataram - Reportase7.com

Siswi MAN 2 Mataram Cintaku Faisa Putri Yana berhasil meraih Juara 1 dalam Lomba Esay SL 2023 Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh MAN Insan Cendekia (IC) Serpong, Rabu (15/03/2023) bertempat di kampus MAN IC Serpong, Tangsel.

Sonic Linguistic merupakan singkatan dari Show You Brain on Science and Link Your Imagination on Language, Sport, Art, Culture, and Journalistic. Sebelumnya kegiatan terpisah antara Sonic dan Linguistic, yang dimulai pada tahun 2002. Pada tahun 2008 kedua kegiatan tersebut disatukan.

Kegiatan ini merupakan kompetisi yang mencakup empat bidang, yaitu Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK), Bahasa, Jurnalistik, dan SAC (Sport, Art, and Culture).

Pada tahun 2023 ini kegiatan Sonic Linguistic mengangkat tema “The Tale of Hieroterra” yaitu tentang petualangan seseorang saat berada di dunia baru. (27/03/2023)

Tema ini diambil karena melihat kondisi bumi saat ini semakin rusak dan tidak layak huni. Diharapkan dengan tema ini para siswa dan semua yang bersangkutan, memiliki kesadaran diri untuk menjaga bumi.

Cintaku panggilan akrabnya ketika dotemui media Senin (27/3/2023) menyampaikan rasa senang dan bangganya mampu meraih Juara 1 Tingkat Nasional.

"Saya merasa senang dan bangga bisa mengikuti Lomba Esay ini, dan ini kali pertama juga mendapatkan Juara," ungkap Cintaku.

Cintaku bercerita tentang pengalaman Pertamanya dalan mengikuti Lomba Esay ini. Lomba ini diikuti oleh 1.021 peserta yang mendaftar dari seluruh sekolah di Indonesia.

"Tapi, dari Cinta sendiri mengambil Lomba Esay, karna ada beberapa jenis yang di perlombakan salah satunya adalah Esay," ungkap Cintaku.

Dengan mengusung tema "Dampak Keluar dari Zona Nyaman bagi Pelajar" Cintaku berhasil mengalahkan 14 peserta lainnya. Untuk di Lomba Esay ada 15 peserta dan dari MAN 2 Mataram mewakili 2 orang salah satunya adalah saya sendiri.

Kegiatan berlangsung selama 3 hari dari tanggal 15-17 Maret 2023. Pengumuman baru di informasikan di tanggal 25 Maret 2023.

Cintaku ditemai sang ayah berangkat dari Pulau Lombok menuju Ibu Kota Jakarta, tepatnya di Tangerang Selatan. Suatu kebanggan juga seorang ayah yang bisa menemani putrinya dan berhasil meraih juara 1 tingkat nasional.

Kepala Madrasah Drs. H. Lalu Syauki MS, M. Pd, melaui Wakasek Kesiswaan Meci Karimah Kasipahu juga menambahkan bahwa, ananda Cintaku merupakan salah seorang siswa kami di MAN 2 Mataram yang luar biasa, karena baru kelas 10 sudah mampu mengukir prestasi di tingkat nasional.

"Harapan ke depannya bagi  ananda Cintaku bisa semakin melejit prestasinya. Tidak tertutup kemungkinan untuk berprestasi pada tingkat Internasional, karena selain ananda memiliki potensi yang luar biasa, dari pihak madrasah juga sangat mendukung dan memfasilitasi bakat dan potensi siswa siswi MAN 2 di berbagai bidang," pungkasnya.

Cabang lomba yang dipertandingkan pada kegiatan Sonic Linguistic ini antara lain yamin, Science Competition, Cerdas Pengetahuan Umum/CPU, Economics Competition Scientific Report/LKIR, Robotic Maze Solving, Mathematic Competition, English Debate, Speech Contest, Story Telling, Khitobah Musikalisasi Puisi, Essay Writing Competition, Cipta Cerita, Short Movie, Photo Marathon, Basketball Competition, Acoustic, Saman Dance, Futsal, Archery, dan Mural.

Pewarta: Fitri
Editor: R7 - 01