(Foto: KAMMI Mataram saat mengelar diskusi terbuka dengan Dinas pariwisata dalam menyambut perhelatan MotoGP Mandalika 2023)


Mataram - Reportase7.com

Perhelatan balap motor kelas dunia, MotoGP 2023 sebentar lagi akan dihelat di sirkuit Internasional Pertamina Mandalika, Lombok Tengah, NTB pada tanggal 13 oktober hingga 15 oktober 2023. Namun geliat perhelatan motor kelas dunia ini belum muncul.

Menyambut momentum tersebut, Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) menggelar diskusi terbuka dengan mengangkat tema “Meneropong Laju Multiplier Effect Dalam Perhelatan Akbar MotoGP Mandalika 2023”. (11/10/2023)

Dengan dihadiri Pembicara Kadis Pariwisata NTB sekaligus kordinator lapangan MotoGP Mandalika 2023 Jamaluddin Malady, MT, anggota tim Monev KEK Pariwisata Kemenparekraf RI, Taufan Rahmadi dan perwakilan dari Kapolda NTB. Dialog dimulai dengan pemantik dari ketua umum KAMMI Mataram Khairul Muamalah. Dalam pernyataannya mengatakan bahwa, Nusa Tenggara Barat sudah memiliki Sirkuit yang megah, dengan hadirnya event Internasional MotoGP di NTB, pemerintah haru mampu menghasilan multiplier effect untuk membangkin perekonomiana masyarakat NTB pada umumnya.

"Ini menjadi momentum untuk Pemprov NTB untuk menjemput Multiplier effect yang dihasilkan dari gelaran balap motor kelas dunia ini," ungkap Khairul Muamalah.

"Perbincangan tentang event MotoGP kali ini rasanya sangat kurang. Apakah sudah tidak diminati masyarakat atau memang Pemprov NTB belum cukup serius dalam menyambutnya," sambungnya.

“jangan sampai event besar ini terlewat begitu saja tanpa menghadirkan efek bagi masyarakat NTB,” tutupw Khairul.

Taufan Rahmadi anggota tim Monev KEK Pariwisata Kemenparekraf RI mengatakan, kita harus sama-sama memaksimalkan potensi Pariwisata, gelaran MotoGP kali ini harus menjadi lebih baik dari sebelumnya.

“Mahasiswa dan pemuda harus terlibat aktif dalam perhelatan balap motor dunia ini, jangan mau jadi penonton,” ujar Taufan Rahmadi.

Korlap MotoGP yang sekaligus menjabat Kadis Pariwisata NTB Jamaludin Malady, MT, menyampaikan akan semaksimal mungkin untuk menyukseskan perhelatan dunia ini, buktinya fasilitas sirkuit sudah lebih baik dari gelaran MotoGP sebelumnya.

“Untuk UMKM kita sediakan stand dan untuk penjualan tiket kita tetap gencarkan,” jelasnya.

Kapolda NTB yang diwakilkan  Kanit 1 Subdit 5 Dit Intelkam, Syaripuddin Zohri mengungkapkan untuk perhelatan MotoGP dari Polda NTB udah jauh-jauh hari udah melaksanakan pengamanan dan penertiban.

"Kami dari POLRI Berkerjasama dengan TNI  untuk mengawal kelancaran perhelatan MotoGP kali ini," tutupnya.

Pewarta: Herianto/Red
Editor: R7 - 01