(Foto: Wakasek bidang humas SMK Negeri 1 Selong M. Zaenuddin)


Lombok Timur - Reportase7.com

Dalam upaya menindaklanjuti kegiatan sosialisasi Perencanaan Berbasis Data pada Satuan Pendidikan SMK, Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Bidang Otomotif dan Elektronika (BBPPMPV BOE) mengadakan Pendampingan Perencanaan Berbasis Data ke Satuan Pendidikan yang diselenggarakan di SMKN 1 Selong Kabupaten Lombok Timur, Rabu, (13/09/2023).

Wakasek bidang humas M. Zaenuddin menyampaikan bahwa kegiatan kali ini merupakan pembaruan dari perencanaan yang selama ini sudah dilakukan di masing–masing sekolah.

Ia menjelaskan tujuan utama dari kegiatan berbasis data ini adalah untuk memperbaiki nilai literasi dan numerik yang sebelumnya terdapat raport pendidikan berwarna merah, sehingga setelah kegiatan ini dapat membantu nilai numerik menjadi hijau.

Selain itu juga untuk memberikan perbaikan pembelanjaan anggaran serta pembenahan sistem pengelolaan satuan pendidikan yang efektif, akuntabel dan konkret.

Sementara Kepala SMKN 1 Selong Abdul Wahid, S. Pd, saat dikonfirmasi media, mengatakan kegiatan Perencanaan Berbasis Data (PBD) oleh BOE Malang merupakan hal yang penting dalam merencanakan kegiatan sekolah.

"Workshop Perencanaan berbasis data( PBD ) oleh BOE Malang ini sangat penting dalam merencanakan kegiatan-kegiatan yang dilakukan disekolah harus berdasarkan pada Data yang valid hasil asesmen siswa, dan guru-guru, sehingga muncullah Raport Pendikan," ungkap Wahid.

Berdasar dari raport pendidikan SMKN 1 Selong, maka sekolah perlu mengintervensi kekurangan kelemahan baik pada literasi ataupun numerasi serta kenyamanan, keamanan dan kebersihan  disekolah dengan program-program kegiatan untuk meminimalisasi kekurangan dan kelemahan tersebut.

Dijelaskan Wahid, program-program itu harus berbasis data supaya dapat diketahui secara akuntabel apa yang kurang, solusinya bagaimana, program yang tepat apa, siapa sasarannya, kapan dilaksanakan, berapa orang yang disasar, narasumbernya siapa, dan berapa anggaran untuk kegiatan atau program tersebut.

Sehingga antara PBD dengan RKAS itu sejalan nyambung, tidak dapat dipisah-pisah, oleh karena itu workshop ini harapannya kedepan agar sekolah-sekolah dalam menyusun RKAS harus mengacu pada PBD. "InsyaAllah kedepan sekolah kami akn melakukan hal tersebut," harapnya.

Perencanaan Berbasis Data (PBD) adalah bentuk pemanfaatan data pada platform Rapor Pendidikan sebagai bentuk intervensi satuan maupun dinas pendidikan maupun pemerintah daerah terhadap mutu dan capaian pendidikannya dan bertujuan untuk mencapai peningkatan serta perbaikan mutu pendidikan yang berkesinambungan.

Pewarta: Fitri
Editor: R7 - 01