(Foto: Kepala SMKN 1 Sumbawa Besar Jayadi, S. Pd., M. Pd)


Sumbawa - Reportase7.com

Melepas Masa Jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB, Periode 2018-2023 Dr. H. Zulkieflimansyah, SE., M. Sc, dan Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, M. Pd, SMK Negeri 1 Sumbawa Besar berikan kado terindah yang sangat spektakuler.

Tentunya seluruh warga di NTB juga merasa sangat puas atas hasil kerja keduanya, termasuk SMK Negeri 1 Sumbawa Besar. Hal ini disampaikan Kepala SMKN 1 Sumbawa Besar Jayadi, S. Pd., M. Pd. (13/09/2023)

Berikut kado indah yang dipersembahkan oleh SMK Negeri 1 Sumbawa Besar, diantaranya ;

1. Menjadi SMK BLUD 2023

BLUD (Badan Layanan Umum Daerah) merupakan salah satu dari 11 program SMK Gemilang Karya dan SMK Negeri 1 Sumbawa Besar tidak lama lagi akan memegang status SMK BLUD. Harapan terbesar dari predikat BLUD ini adalah sebuah kemandirian dari SMK untuk mengelola keuangan dengan fleksibilitas yang tinggi.

Dengan menjadi BLUD, SMK Negeri 1 Sumbawa Besar akan meningkatkan peran serta peserta didik untuk menghasilkan TeFa (Teaching Factory) yang lebih baik. Dengan hasil TeFa yang baik maka akan melahirkan siswa yang memiliki karakter wirausaha, pengelolaan keuangan akan lebih akuntabel, dan akan membuka lebih banyak peluang usaha lainnya yang melibatkan hasil produk siswa yang bervariatif. Dengan hadirnya BLUD juga dapat meningkatkan kesejahteraan seluruh warga sekolah.

2. Mendapat Pemadanan SMK Pusat
Keunggulan (PK) Tahun 2023 dalam
Bidang Pariwisata.

SMK Negeri 1 Sumbawa Besar mendapat SMK PK Sistem Pemadanan dengan industri, yang salah satu pemadanannya dengan hotel berskala internasional, Amanwana Resort.

Bantuan yang diberikan berupa peningkatan pembelajaran berbasis industri, diantaranya program Magang Guru, Guru Tamu, dan model pembelajaran yang diterapkan di sekolah adalah Project Based Learning (PJBL).

Sedangkan dari kementerian berupa penguatan TeFa di Kompetensi Keahlian Perhotelan pada Bidang Laundry. Kedepannya, dengan pengembangan TeFa ini, dapat mengeksplorasi keterampilan siswa, sehingga siswa menjadi lebih kompeten di Bidang Laundry.

3. Mengikuti Gerak Jalan Merdeka
Bersama 66 peserta didik dari seluruh
SMK Se-Kabupaten Sumbawa.

Pada Gerak Jalan Merdeka DIKBUD Tahun 2023, SMK Negeri 1 Sumbawa Besar mengirim perwakilan sejumlah 14 siswa dan siswi yang berkolaborasi dengan SMK Se-Kabupaten Sumbawa dengan jumlah total 66 siswa yang terbagi ke dalam 3 regu, Tim Putra 1 regu, Tim Putri 1 regu dan Tim Campuran 1 regu, serta 1 regu dari DWP SMK/SLB KCD Sumbawa.

Siswa dan siswi yang terlibat dalam kegiatan ini sangat antusias dan berbahagia dapat ikut serta.

4. Melaksanakan Job Fair 2023.

Menjadi event Job Fair pertama yang dilaksanakan oleh SMK di Kabupaten Sumbawa, kegiatan Job Fair akan dilaksanakan pada hari Selasa, 26 September 2023. Kegiatan Job fair ini merupakan salah satu program SMK PK Reguler yang dilaksanakan oleh SMK Negeri 1 Sumbawa Besar.

Pada event ini, SMK Negeri 1 Sumbawa Besar melibatkan beberapa DUDI (Dunia Usaha Dunia Industri) di Kabupaten Sumbawa dan kabupaten lainnya yang bergerak di bidang pariwisata.

Semoga ini menjadi kado manis untuk Gubernur dan Wakil Gubernur NTB yang akan mengakhiri masa jabatannya.

Pewarta: Red/Fitri
Editor: R7 - 01