(Foto: Kepala SMK Negeri 1 Sakra Ahmad Suhamka, SP, saat ditemui media di ruang kerjanya)


Lombok Timur - Reportase7.com

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Provinsi NTB menunjukkan banyak tren positif selama masa kepemimpinan Zul-Rohmi. Berbagai industrialisasi telah banyak dicanangkan dan dijalankan.

Majunya SMK di NTB itu tidak terlepas dari kebijakan Kepala Bidang Pembinaan SMK, pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) NTB, M. Khairul Ikhwan, S. Pd., MT, yang telah merumuskan dan meluncurkan 11 Strategi SMK Gemilang Karya.

Salah satu bukti nyata dari keberhasilan 11 Strategi Gemilang Karya itu terlihat dari SMKN 1 Sakra, sekolah ini telah banyak meraih prestasi, utamanya di core pertanian dan perhotelan yang menjadi fokus utama sekolah itu.

Kepala SMKN 1 Sakra, Ahmad Suhamka, SP, saat ditemui media disela pengumuman juara Gerak Jalan, Jum'at, (15/09/2023) mengatakan, terobosan 11 Stategi SMK Gemilang Karya yang telah dicanangkan itu memang memberi dampak baik bagi kami di SMKN 1 Sakra.

"Dengan menyandang status BLUD, maka sekolah akan memiliki kebijakan kuat untuk memaksimalkan semua potensi dan sumber daya yang dimiliki. Dan itu akan sangat memberikan kontribusi besar dalam proses transformasi sekolah ke arah yang positif," ungkap Suhamka.

Seperti di SMKN 1 Sakra, siswa punya produk roti, nah produk itu bisa dipasarkan dan keuntungannya akan diputar lagi untuk menambah fasilitas penunjang praktek siswa.

"Kita juga dapat mengelola proses produksi di teaching factory secara lebih fleksibel tanpa takut melanggar aturan," terangnya.

Selain itu, dampak positif dari penerapan 11 Strategi SMK Gemilang Karya yang didapatkan oleh SMKN 1 Sakra, adalah untuk pertama kalinya sekolah kejuruan yang dikenal telah melahirkan SDM unggul di sektor pertanian itu, oleh Direktorat Jenderal (Ditjen) Vokasi Kemendikbud RI sebagai SMK Pusat Keunggulan (PK) Jurusan Perhotelan.

"Kita juga sudah menandatangani MoU dengan Dirjen Vokasi Kemendikbud pada (25/08) lalu, dimana SMKN 1 Sakra didaulat menjadi SMK PK untuk perhotelan," jelasnya.

Dirinya pun meyakini, setelah menyandang SMK PK Perhotelan, SMKN 1 Sakra akan memberi kontribusi besar dalam mendukung industri kepariwisataan yang saat ini tengah menjadi perhatian besar pemerintah di NTB.

Pastinya SDM unggul di sektor pariwisata akan dihasilkan oleh SMKN 1 Sakra. Dan kita akan terus membuktikan itu, apalagi setelah kita menyandang SMK PK Pariwisata.

Ia berharap SMKN 1 Sakra bisa menjadi mercusuar utama dalam mendongkrak kualitas SDM di NTB, khususnya di Lombok Timur bagian selatan.

"Kami berharap dengan 11 Strategi SMK Gemilang Karya ini, SMKN 1 Sakra semakin maju dan lulusannya mampu menjadi aktor yang melahirkan industrialisasi yang sangat dibutuhkan untuk mengurai masalah sosial ekonomi di tengah masyarakat," pukasnya.

Pewarta: Fitri
Editor: R7 - 01