(Foto: Lurah Bugis Euis Kurniasih S. Pd, saat memberikan pelayanan posyandu kepada para lansia bersama Bank PT BPR)


Sumbawa - Reportase7.com

Pemerintah Kabupaten Sumbawa melalui Kelurahan Bugis menggelar posyandu Lansia dengan tema "Lansia Terawat Indonesia Bermartabat", dan Program Riwa Lansia dan Mari rawat Lansia. Pendekatan pelayan terhadap lansia yang di lakukan di kelurahan Bugis merupakan bentuk peduli kelurahan Bugis dalam memberi pelayanan terhadap Lansia dan kegiatan lainnya. (04/09/2023)

Wakil Bupati Sumbawa Hj.  Dewi Noviani, S. Pd., M. Pd, dalam sambutan pembukaan program Posyandu lansia  memaparkan, program posyandu bertujuan untuk mendekatka diri tentang pelayanan terhadap masyarakat, terutama lansia di masing-masing kelurahan.

Bila diperhatikan di beberapa Kelurahan di Sumbawa masih banyak lansia yang harus di bantu karena kesulitan datang ke posyandu, diharapkan kepada pemerintah Kelurahan agar dapat memaksimalkan kinerjanya untuk dapat membantu para lansia.

"Banyak lansia yang kesulitan datang ke posyandu untuk memeriksa kesehatannya, sehingga perlunya pihak kelurahan untuk menjemput Bola," ujar Wabup Sumbawa.

Hj. Novi sapaan akrab Wabup Sumbawa juga menjelaskan, dalam mendukung berbagai sistim layanan maupun inovasi dalam layanan Layanan Lansia yang Terintegrasi (LLT ) yang berkesinambungan dalam menguji Sistem Informasi Lanjut usia (SILAN) yang berbasis komunitas yang merupakan Digital Platform atau sistim yang di gunakan oleh manajer operasional Desa atau kelurahan maupun lansia dan keluarga.


Lurah Bugis Euis Kurniasih S. Pd, di dampingi Dirut BPR NTB Rahman, SP,  berharap, seluruh kebijakan program kegiatan yang di lakukan OPD harus lebih di perhatikan lagi, mengingat para lansia menjadi penting.

"Upaya kita bersama dalam menjadikan lansia mandiri adalah upaya kita menciptakan kelurahan ini yang ramah lansia dalam mewujutkan Sumbawa Gemilang yang Berkeadaban," jelasnya.

Selain itu upaya pemerintah melalui kementerian atau lembaga terus menginisiasi berbagai program pelayanan termasuk program perawatan jangka panjang (PJP).

"Para lansia merupakan bagian penting yang harus di perhatikan bersama, karena banyaknya lansia yang masih produktif dan memiliki banyak aktivitas," tandasnya.

Pewarta: Mulyadi
Editor: R7 - 01