(Foto: 2 siswi MAN 2 Mataram Nada Atma dan Arumningtyas Ramadhani, sukses mengikuti ajang AYIMUN)


Mataram - Reportase7.com

Dua siswi MANPK Man 2 Mataram mengikuti sidang PBB di ajang Asia Youth International Model United Nation (AYIMUN) yang dilaksanakan di Berjaya Hotel Times Square Kuala Lumpur Malaysia, tanggal 12-15 Agustustus 2023.

Kedua siswi tersebut yakni Nada Atma dan Arumningtyas Ramadhani yang saat ini duduk di kelas XII MANPK. Setiap tahun MAN 2 Mataram selalu mengirim siswa siswinya untuk mengikuti seleksi bergengsi internasional. (05/09/2023)

Kedua siswi ini lulus seleksi mewakili Indonesia ke AYIMUN perwakilan dari Madrasah se-Indonesia. Adapun perwakilan Indonesia lainnya ke AYIMUN adalah siswa yang berasal dari Jakarta International School (JIS).

AYIMUN merupakan ajang yang bertujuan memotivasi generasi muda dunia untuk bisa memiliki kemampuan diplomasi, debat dan menyelesaikan masalah-masalah dunia.

Peserta yang mendaftar AYIMUN dari tahun ke tahun selalu meningkat, jumlahnya puluhan ribu yang merupakan siswa siswa yang cerdas dari seluruh dunia.

Untuk diketahui, AYIMUN adalah platform dari ajang bertemunya generasi muda di seluruh dunia di satu tempat dengan tujuan yang sama.

Tujuannya yaitu untuk meningkatkan skill dalam bidang leadership, negosiasi, diplomasi, serta membangun jejaring. AYIMUN juga dapat merangsang generasi muda mampu berpikir kritis dan mengasah kemampuan public speaking.

Dengan mengikuti even sekelas AYIMUN bisa memperluas relasi, menyuarakan pendapat terutama menyangkut isu-isu global. AYIMUN ke-12 yang diikuti oleh Nada Atma dan Arumningtyas Ramadhani terbagi ke dalam council-council atau negara-negara delegasi.

Nada Atma memperoleh delegasi council bagi negara Benin, Afrika Barat dan Arumningtyas Ramadhani merupakan delegasi council negara Armenia, Kaukasus Selatan, Eurasia.

Kedua siswi ini membahas tema tentang kesetaraan gender yang berlaku di kedua negara tersebut lalu akan dibandingkan dengan negara-negara lainnya.

Topik ini juga menjadi topik yang akan dibahas pada sesi debat Moderated Caucus (debat terarah) dan Unmoderated Caucus (debat bebas), tentu semuanya menggunakan bahasa Inggris kelas advance (mahir).

Opening Ceremony dilakukan pada 12 Agustus 2023 ketika gala dinner antara penyelenggara dan peserta. Sedangkan closing ceremony dilakukan pada 15 Agustus.

"Kegiatan AYIMUN ke-12 ini sangat padat kata Nada saat didampingi Arum. Namun mereka merasa senang dan bangga karena menjadi perwakilan Indonesia."

Mereka juga mengucapkan terima kasih kepada orang tua dan guru-gurunya atas do’a dan bimbingan selama ini.

Kepala MAN 2 Mataram, Drs. H. Lalu Syauki MS, M.Pd., sangat mengapresiasi capaian ini. Syauki mengucap syukur dan terima kasih yang tak terhingga kepada pembina dan khusus untuk Nada Atma dan Arumningtyas Ramadhani.

"Tentu warga madrasah berharap ajang dunia ini akan menjadi tradisi bagi anak madrasah terutama MAN 2 Mataram. MAN 2 Mataram sejak tahun 2019 sudah mampu mengirim empat siswa dalam even tersebut meski saat itu sedang Covid-19. AYIMUN pada tahun tersebut diselenggarakan secara daring. Warga madrasah tentu bangga dan takjub, karena siswa mereka bisa sejajar dengan orang-orang hebat di dunia," tutur Syauki

Syauki berharap akan lebih banyak lagi siswa MAN 2 Mataram yang berprestasi spektakuler di tingkat Internasional nantinya.

"Selamat untuk ananda Nada Atma dan Arumningtyas Ramadhani teruslah berprestasi dan menjadi motivasi bagi generasi madrasah berikutnya," pesannya.

Pewarta: Fitri
Editor: R7 - 01