(Foto: Mahasiswa KKL UNSA sedang melakukan sosialisasi bahaya pengguna Gadget bagi kesehatan di SDN Pukat)


Sumbawa - Reportase7.com

Mahasiswa KKL UNSA Angkatan XXV Tahun 2023 Kelompok 21 Desa Pukat, Mengadakan kegiatan “Sosialisasi Tentang Bahaya Penggunaan Gadget Bagi Kesehatan” yang merupakan kegiatan dan bentuk realisasi dari program “Bersih Sehat Itu Keren”. Kegiatan Sosialisasi ini diikuti oleh seluruh Siswa/Siswi SDN Pukat, Sabtu tanggal 26 Agustus 2023 bertempat di SDN Pukat (tepatnya ruangan kelas 1 dan 2).

Selain itu beberapa tenaga pengajar/Guru, dan tentunya dari pihak Mahasiswa KKL UNSA yang disini bertindak sebagai panitia juga sebagai peserta dalam kegiatan Sosialisasi ini.

Di masa sekarang ini hampir semua orang memiliki gadget, tapi kalian tahu tidak gadget itu apa ?. Gadget adalah suatu perangkat atau alat elektronik yang berukuran relatif kecil serta memiliki fungsi khusus dan praktis dalam penggunaannya.

Pada saat ini gadget sudah menjadi alat elektronik yang tidak asing lagi di berbagai kalangan masyarakat. Masyarakat sangat terbantu dengan hadirnya gadget di masa kini, bahkan sudah menjadi kebutuhan sehari-hari.
Karena semua informasi dapat kita ketahui melalui gadget, dan juga gadget sangat memudahkan kita dalam masalah hal berkomunikasi. Tapi gadget juga memiliki pengaruh yang sangat besar bagi kehidupan kita, mulai dari hal kesehatan, interaksi sosial, bahkan gaya hidup. Gadget memiliki dampak bagi kehidupan kita, seperti dampak positif dan dampak negatif.

Penggunaan gadget dalam kehidupan sehari-hari merupakan hal yang lumrah dalam kehidupan saat ini. Manfaatnya sangat dirasakan oleh semua masyarakat dunia maupun di Indonesia, pengaruhnya sangat kuat dalam menunjang kehidupan manusia sehari-hari untuk membantu pekerjaan maupun aktivitas lainnya sehari-hari. Jika tidak ada gadget, mungkin pekerjaan atau sosialisasi dengan orang yang terhalang oleh jarak dan waktu, maka dari itu manfaat gadget dalam kehidupan sehari-hari sangat memberikan arti penting bagi setiap kegiatan manusia saat ini

Dalam kegiatan tersebut Dr. I made Laye dan Riana menjadi narasumber yang memberikan materi tentang "Bahaya Penggunaan Gadget Bagi Kesehatan".

Saat kegiatan berlangsung para peserta (dalam hal ini Siswa/Siswi SDN Pukat) terlihat begitu antusias dan sangat bersemangat dalam mendengarkan materi yang disampaikan oleh narasumber.

"Bermain HP itu tidak salah, tapi ingat batasan dan waktu saat menggunakannya, gunakanlah gadget sebaik mungkin atau seperlunya saja dan sesuai kebutuhan. Dan untuk orang tua awasilah anak kalian dalam penggunaan gadget dan batasi waktunya agar tidak berdapak negatif bagi kehidupannya,” ujar Dr. I made Laye saat menyampaikan materi.

Umumnya dalam kegiatan seperti ini terdapat sesi tanya jawab, dan dalam kegitan  sosialisasi hari ini juga terdapat hal yang sama. Keseruan terjadi saat sesi ini, dimana ketika seorang siswa selesai dengan pertanyaannya, Dr. Imadelaye tampak memberikan hadiah kepada anak tersebut. Yang mana hal ini membuat para peserta yang lain menjadi bersemangat dan makin antusias ingin bertanya.

Tujuan diadakannya kegiatan sosialisasi ini adalah untuk memberikan edukasi dan pengetahuan tambahan kepada para peserta yang hadir dan mengikuti rangkaian acara dalam Sosialisasi ini, tentang dampak positif dan dampak negatif gadget bagi kesehatan, seperti penyakit dan akibat lain yang dapat ditimbulkan daru penggunaan gadget dalam kehidupan sehari-hari.

Mahasiswa KKL UNSA Kelompok 21,berharap melalui diadakannya kegiatan sosialisasi ini dapat memberikan manfaat serta pengetahuan yang dapat bermanfaat bagi semua pihak terkait, sehingga mereka dapat memaksimalkan potensi dari teknologi khususnya gadget dalam kehidupan. Sehingga di tengah pesatnya perkembangan teknologi, generasi muda harus dapat membedakan hal positif dan negatifnya, dan teknologi tersebut dapat digunakan dalam batas wajar atau secukupnya, serta digunakan untuk hal yang positif.


Dampak positif penggunaan gadget, seperti memperlancar komunikasi, memudahkan mengakses informasi, wawasan menjadi bertambah, dapat meningkatkan kenyamanan belajar, meningkatkan kemampuan dalam mengatur waktu dan bisa sebagai hiburan.

"Dari gadget juga kita dapat menambah relasi, karena kita dapat berinteraksi secara mudah dengan seseorang yang keberadaannya jauh dari lokasi kita saat ini. Gadget juga dapat membantu seseorang berkomunikasi dengan jarak yang jauh dan bisa bertatap muka langsung untuk mengurangi rasa rindu menggunakan applikasi yang ada di gadget, contohnya Skype, video call, dan lain-lain," paparnya.

Selain membantu dalam komunikasi, gadget juga membantu dalam bidang pendidikan yaitu memudahkan mencari tugas-tugas sekolah atau kuliah, dapat pula menjadi tutorial suatu cara, petunjuk arah dan jalan, dan lain sebagainya.

Sedangkan dampak negatif dari penggunaan gadget yaitu, menyebabkan tidak fokus dalam belajar, bisa menjadi pribadi yang tertutup, kesehatan dapat terganggu, menyebabkan kecanduan, gangguan dalam tidur, suka menyendiri atau kurangnya interaksi sosial, membuat kurangnya berempati dengan lingkungan sekitar, dapat menyebabkan depresi dan bisa terjadi cyberbullying.

Risiko penyalahgunaan gadget contohnya penggunaan gadget yang lupa waktu dan melalaikan kegiatan atau tugas yang seharusnya diutamakan, seperti mengerjakan tugas sehari-hari, membantu merapihkan rumah, dan kegiatan lainnya.

"Saat ini yang paling sering di lihat dari dampak negatif penggunaan gadget adalah membuat pengguna gadget menjadi memiliki dunia sendiri," pungkanya.

Pewarta: Red
Editor: R7 - 01