(Foto: Kemenag Kota Mataram Drs. H. Jaelani, M. Pd, saat menjadi inspektur upacara HUT RI ke-78 di MAN 2 Mataram)


Mataram - Reportase7.com

Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kota Mataram Drs. H. Jaelani, M. Pd, hadir dalam pelaksanaan Upacara Dirgahayu RI ke-78 yang dipusatkan di MAN 2 Mataram, Kamis, (17/08/2023).

Kegiatan upacara ini dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-78 sekaligus dilakukan penyematan penghargaan Satya Lancana Karya Satya dari Presiden Joko Widodo bagi 79 ASN Kemenag Kota Mataram.

H. Jaelani, M. Pd selaku Ispektur upacara, sebelum membacakan amanat pembinaan upacara dari Menteri Agama RI, Ia mengingatkan kepada seluruh peserta upacara terutama ASN di lingkup kota Mataram untuk lebih meningkatkan kedisiplinan diri dan selebriti selalu hadir dalam setiap kegiatan upacara.

Dalam penyampaian amanat Menag RI yang isinya secara garis besar adalah tentang Pidato Kenegaraan Presiden Jokowi. Terkait tentang Indonesia percaya diri dalam menyongsong Indonesia Emas 2045 dengan keuntungan Demografi dan International Trust.

Berbekal keberuntungan demografi dan International trust itu bukan hanya peluang yang mampu ditangkap oleh Pemerintah Indonesia, tetapi juga strategi jitu untuk menaklukkan Indonesia Emas 2045 nanti, tuturnya.


Hendaknya dengan kedua modal tersebut, Indonesia semakin maju dalam segala aspek, termasuk Indonesia yakin bisa menjadi Lima besar dunia dari sisi ekonomi.

"Kementerian Agama RI berhasil dalam Moderasi Beragama tersebut, namun perlu ditingkatkan untuk masa yang akan datang," tandasnya.

Adapun penerima penghargaan berupa Satyalancana Karya Satya ini berjumlah 79 orang yang terdiri atas unsur guru, pengawas, pegawai struktural di lingkup Kemenag Kota Mataram.

Dari MAN 1 Mataram sendiri berjumlah 17 orang dengan total pengabdian 10 dan 20 tahun.

Untuk penerima penghargaan Satyalancana Karya Satya ini diantaranya ; 20 orang ASN penerima Satyalancana Karya Satya untuk pengabdian 30 tahun, 31 orang ASN penerima Satyalancana Karya Satya untuk pengabdian 20 tahun, dan sekitar 46 orang ASN penerima Satyalancana Karya Satya untuk pengabdian 10 tahun.

Pewarta: Fitri
Editor: R7 - 01