(Foto: Kepala Desa Talonang Baru Budi Haryo, SP, saat menjadi inspektur upacara HUT RI ke-78 di halaman SD-SMP Satap Desa Talonang Baru)


Sumbawa Barat - Reportase7.com

Pemerintah Desa Talonang Baru, Kecamatan Sekongkang, Kabupaten Sumbawa Barat memperingati HUT RI ke-78 dengan khidmat bersama masyarakat dan tokoh masyarakat di halaman SD-SMP Satap Desa Talonang Baru, Kamis (17/08/2023).

Dalam upacara tersebut Kepala Desa Talonga Baru Budi Haryo, SP, bertindak sebagai inspektur upacara dengan memakai pakaian adat khas Sumbawa.

Kepala Desa Talonang Baru Buri Haryo, SP, menyampaikan maklumat saat upacara HUT RI ke-78 di depan para peserta upacara yang sempat hadir. Ia menyampaikan, melalui momen bersejarah yakni HUT RI ke-78 sebagai anak bangsa patut menghargai perjuangan para pahlawan yang telah rela berkorban untuk memperjuangkan kemerdekaan negara Indonesia tercinta. Perjuangan para pahlawan tidak sia-sia, mereka telah menumpahkan darah keringat dan air mata untuk mewujudkan impian indonesia merdeka.

"Kita sebagai generasi penerus memiliki tanggung jawab besar unk menjaga dan memajukan cita-cita mulia bangsa ini," ujar Kades Talonang Baru.

Dikatakan Budi, kemerdekaan bukanlah sekedar merdeka kebebasan pisik, tetapi juga kebebasan dalam berfikir, berbicara, berkerasi dan berinovasi dimasa depan. Kedepan kita dihadapkan berbagai tantangan dan peluang, maka dari itu harus mampu beradaptasi dengan perubahan dan memanfaatkan kemajuan.

"Kita harus menanamkan dan menumbuhkan jiwa nasionalisme dan patriotisme yang tinggi berteman tanpa membedakan suku ras dan agama serta mencintai negara ini," terang Kades Talonang Baru Budi Haryo.


Tak lupa pula kepala Desa Talonang Baru berpesan, agar selalu menjunjung tinggi nilai-nilai patriotisme dalam menjalankan kehidupan sebagai masyarakat, dan menghargai jasa-jasa para pahlawan telah rela berkorban demi mempertahankan kemerdekaan yang sampai saat ini telah kita nikmati bersama.

"Jangan kau tanyakan apa yang diberikan oleh Negara mu, tapi tunjukan apa yang kau berikan (kontribusi) untuk Negara mu," tandasnya.

Upacara tersebut di hadiri oleh tokoh agama, tokoh masyatakat, tim AGR Desa Talonang Baru, BPD, seluruh Kepala Dusun, ketua RT, Kepala Sekolah SD-SMP SATAP Desa Talonang Baru, Kepala Sekolah MTS Al-Kausar Desa Talonang Baru,Kepala Sekolah SD LEMAR LEMPO Desa Talonang Baru, Babinsa, Bhabinkamtibmas Desa Talonang Baru dan seluruh stakeholder yang ada di Desa Talonang Baru.

Bertindak selaku pembaca proklamasi yakni ketua BPD Desa Talonang Baru Syaifullah.

Kepala Desa Talonang Baru menutup rangkaian kegiatan upacara HUT RI ke-78 dengan sebuah pantun, "Ke Pasar Membeli Bunga, Bunga Mawar Kesukaan Mama, Hari Merdeka Harus Dijaga, Sebagai Hormat Pada Pahlawan Kita".

Pewarta: Red
Editor: R7 - 01