(Foto: Pengawas pembina bidang SMA Dikbud Provinsi NTB Drs. LM. Supriyadi, M. Pd, saat menyaksikan langsung kegiatan pemilihan ketua OSIS SMA Negeri 1 Narmada)


Lombok Barat - Reportase7.com

Pemilihan ketua OSIS Tahun Pelajaran 2023/2024 di SMA Negeri 1 Narmada berlangsung semarak. Hal ini ditandai dengan kegiatan pra pemilihan yakni adanya debat dan orasi oleh para kandidat bertempat di Lapangan Tengah SMAN 1 Narmada, Rabu, (09/08/2023).

Kegiatan yang menjadi agenda rutin tahunan bagian Wakasek Kesiswaan dan jajaran OSIS menjadi semakin seru setelah Kepala SMA Negeri 1 Narmada Hulwani ikut serta dalam orasi dan debat ini.

Kepala SMAN 1 Narmada Hulwani, S. Pd, sangat mengapresiasi kegiatan siswa ini dalam rangka pemilihan ketua dan wakil OSIS.

"Hari ini kita akan menyaksikan debat anak-anak kita dalam pemilihan ketua dan wakil osis, hal ini perlu kta acungi jempol karena dalam pemilihan ini dilakukan secara demokratis", tuturnya.

Disaksikan pengawas pembina bidang SMA Dikbud NTB Drs. LM. Supriyadi, M. Pd, dan beberapa pegawai serta siswa, para kandidat juga tampil dengan kepercayaan diri memaparkan visi-misi dan saling lempar pertanyaan.

Melihat antusiasme dan proses demokrasi yang tumbuh di sekolah, Supriyadi mengaku sangat menikmati debat kandidat calon Ketua OSIS.

"Sangat menarik, hanya ada beberapa sekolah yang melakukan hal seperti ini, sebelumnya saya juga pernah hadir di SMAN 1 Mataram, SMAN 2 Mataram, SMAN 5 Mataram, dan terakhir di SMAN 1 Narmada," ungkapnya.

Ini menjadi salah satu metode yang diterapkan sekolah, dan perlu juga diterapkan di sekolah yang lain baik itu SMA maupun SMK, karena ini merupakan pendidikan yang demokratis, ujarnya.

OSIS merupakan satu-satunya organisasi yang sah keberadaannya disetiap sekolah. Oleh karena itu, para pejabat dan pengurusnya harus dilakukan secara demokratis sehingga tidak ada kesan-kesan yang negatif. Serta sebagai ajang melatih diri bagi anak-anak juga.


Supriyadi mengingatkan beberapa pesan setelah terpilihnya ketua dan wakil osis nantinya seperti hal pertama itu untuk menjadi seorang osis harus mampu memberikan contoh keteladanan bagi rekan-rekannya dan sekolah, kedua pengurus osis ini saat pemilihan pada masa saya berada di sekolah ini, pemilihannya selalu memprediksi dan memilih yang pintar secara intelektual yang IQ nya bagus.

"Namun sekarang sudah berbeda, bisa dilakukan secara demokratis seperti sekarang ini. Dan saya juga berharap jangan setelah menjadi ketua osis pelajaran menjadi down, itulah hal pertama yang kita ingatkan, mudah mudahan tidak terjadi hal seperti itu," terang Supriyadi.

Terkait prestasi yang diraih SMAN 1 Narmada saat memasuki tahun ajaran baru 2023/2024, Supriyadi sangat mengapresiasi prestasi sekolah, baik secara akademik maupun non akademik.

"Memang untuk tahun ajaran baru sekolah ini setiap tahunnya selalu kewalahan dengan siswa baru, karena di setiap sekolah favorit itu memiliki banyak prestasi dan akan meningkat terus, tidak hanya di Kabupaten dan Provinsi saja, bahkan hingga ke tingkat Nasional," tandasnya.

Pewarta: Fitri
Editor: R7 - 01