(Foto: Saat Serda Asturiyanto memanjat tiang bendera yang cincin kaitnya terlepas saat upacara HUT RI ke-78 berlangsung di lapangan Desa Rhee, Kecamatan Rhee)


Sumbawa - Reportase7.com

Momen Sigap Serda Asturiyanto saat memanjat tiang bendera di saat upacara HUT RI ke-78 berlangsung di Lapangan Desa Rhee, Kecamatan Rhee, Kabupaten Sumbawa, Provinsi NTB menjadi viral dan di atensi Danrem 162/WB Brigjen TNI Agus Bhakti, S. IP., M. IP., M. Han.

Insiden terlepasnya cincin kait bagian atas bendera Merah Putih pada saat upacara bendera dalam rangka Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-78 RI tahun 2023 di lapangan upacara Desa Rhee, Kecamatan Rhee, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Kamis ( 17/08/2023 ).

Hal tersebut dibenarkan oleh Komandan Korem 162/WB, Brigjen TNI Agus Bhakti S.I.P., M.I.P., M.Han. Saat pasukan pengibar bendera atau Paskibraka mengibarkan bendera merah putih, tiba tiba taling bendera terlepas. Secara otomatis benderapun tidak bisa dinaikkan.


Melihat hal tersebut, Anggota Babinsa Desa Sampe, Posramil Rhee Serda Asturiyanto berinisiatif mengambil tindakan dengan sigap dan spontan berlari dan memanjat tiang bendera setinggi 12 meter untuk menyambung tali bendera, sehingga upacara bendera dalam rangka memperingati HUT ke 78 Republik Indonesia bisa dilanjutkan dan Sang Saka Merah Putih berkibar dengan gagahnya, terang Danrem 162/WB.

Brigjen TNI Agus juga mengungkapkan, aksi yang dilakukan anggota bukan semata-mata untuk dipuji oleh orang lain namun sebagai tanggung jawab untuk melancarkan acara peringatan kemerdekaan Republik Indonesia dan wujud penghormatan kepada para pahlawan yang telah gugur di 'Medan Perang' berjuang melawan penjajahan hingga mencapai kemerdekaan.

"Alhamdulillah upacara lancar. Bendera bisa naik dengan sempurna," ujar Brigjen Agus akrab disapa.

Pewarta: Red
Editor: R7 - 01