(Foto: Ketua MPLS Jumadil, S. Pd, dan Kepala Sekolah SMA Negeri 10 M. Furkan, S. Pd., M. Pd, serta peserta didik baru)


Mataram - Reportase7.com

Siswa baru yang diterima pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Jawa Barat 2023 sudah bisa mengikuti kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS).

Diketahui bahwa pelaksanaan PPDB Kota Mataram 2023 telah rampung dilaksanakan.

Para siswa baru akan menghadapi hari pertama sekolah di jenjang yang baru yakni SMA. Di hari pertama sekolah, biasanya kegiatan yang digelar yaitu MPLS. (12/07/2023)

Ketua MPLS Jumadil, S. Pd, mengatakan MPLS ini bertujuan memperkenalkan kepada didik baru agar mengenal lingkungan sekolah.

Selain itu agar mengenal kurikulum yang akan dipelajari, lalu memberikan waktu beradaptasi pada siswa baru sehingga lebih saling mengenal.

Dijelaskan, Jumadil jumlah siswa baru tahun 2023 meningkat dibandingkan tahun 2022. Namun, sesuai dengan jumlah rombongan belajar (rombel) yang diberikan Dikbud NTB sebanyak 5 rombel akan tetap terlampui.

Ia berharap agar Dinas Dikbud NTB memberikan 1 rombel lagi sehingga menjadi 6 rombel di SMAN 10 Mataram.

Kepala SMAN 10 Mataram M. Furkan, S. Pd., M. Pd, menambahkan poin dalam MPLS ini adalah agar mengenal secara luas tentang apa yang sekolah lakukan di raker.

Pelaksanaan raker tentunya akan berimbas ke siswa juga, maka di MPLS itu akan diberikan bagaimana perubahan yang akan dihadapi siswa nantinya.

"Selain itu juga bertujuan untuk mengenal sekolah lebih condong, mulai dari lingkungan tempat di mana dia sekolah, kemudian lingkungan waega sekolah, dan bisa mengenal antar kelompok baik kelas X dan kelas XI," lanjut Furkan.

Ia berharap agar MPLS di SMAN 10 Mataram terus ditingkatkan kedepannya, karena akan diberikan materi-materi sesuai dengan kesepakatan Dinas, salah satunya pencapaian Visi dan Misi sekolah.

Pelaksanaan jadwal MPLS SMA akan dilaksanakan pada 13–14 Juli 2023. Setelah itu, siswa baru akan secara resmi mengikuti pelajaran Tahun Ajaran Baru pada 17 Juli 2023.

Pewarta: Fitri
Editor: R7 - 01