(Foto: Murid SMA Negeri 10 saat sholat Dhuha sebelum dimulainya kegiatan belajar)


Mataram - Reportase7.com

Ada hal yang berbeda yang dilakukan oleh siswa SMAN 10 Mataram sebelum mereka melaksanakan kegiatan belajar mengajar di sekolahnya, yakni wajib melaksanakan sholat dhuha, Selasa, (18/07/2023).

Jumadil, selaku Wakasek Kesiswaan menuturkan, sebelum melaksanakan proses pembelajaran, para siswa yang beragama Muslim wajib melaksanakan salat dhuha di lingkungan masjid di dalam sekolah.

Hal ini pun dituturkan Ketua Komite SMAN 10 Mataram Teguh Gatot Yuwono, S. Hut., M. Eng, melalui Sekertaris Komite H. Suhaimi Anwar, S. Sos, jika ingin sekolah sukses, guru serta siswa maka diwajibkan sebelim pelaksanaan belajar mengajar siswa dan guru harus melaksanakan shalat dhuha terlebih dahulu secara berjamaah.

Budaya sholat dhuha di SMAN 10 Mataram tersebut, sebenarnya sudah lama dilaksanakan oleh seluruh siswa kelas X-XII. Dengan begitu, para siswa nantinya akan lebih mudah mencerna seluruh pelajaran yang didapatkannya di dalam kelas.

“Hal ini dilakukan sebagai langkah agar siswa bisa membiasakan diri melaksanakan hal tersebut setiap harinya,” imbuhnya.

Setelah melaksanakan sholat dhuha tersebut, para siswa biasanya juga melakukan tadarus Al-quran di dalam masjid sekolah.

Untuk membiasakan siswa, bukan hanya bisa dan mampu membaca ayat-ayat suci di dalam Al quran tersebut, melainkan juga bisa mengerti dan paham akan kandungan ayat di dalamnya.

“Dengan begitu, para siswa bisa diucapkan dengan lisan, diyakini dalam hati, dan diamalkan dengan perbuatan,” ujar dia.

Kepala SMAN 10 Mataram M. Furkan, S. Pd, juga mengungkapkan dengan membudayakan shalat dhuha dan tadarus Al-quran sebelum belajar, hal ini diharapkan bisa menjadi salah satu nilai lebih yang dimiliki oleh siswa SMAN 10 Mataram

Sehingga mereka juga bisa membekali dirinya dengan pengetahuan keagamaan yang lebih baik dan bisa menjadi sebuah fondasi yang kuat untuk menyaring informasi dan kebudayaan asing yang diterimanya.

“Pihak sekolah ingin menjadikan budaya sholat dhuha dan tadarus Al-quran ini sebagai sebuah bagian yang tidak terpisahkan bagi siswa setiap harinya,” pungkasnya.

Pewarta: Fitri
Editor: R7 - 01