(Foto: Wakil Bupati Sumbawa Hj. Dewi Noviany, S. Pd., M. Pd, saat berada dan memberikan sambutan pada kegiatan perlombaan posyandu tingkat Kabupaten Sumbawa di Posyandu Tunas Mekar Kelurahan Lempeh)


Sumbawa - Reportase7.com

Wakil Bupati Sumbawa Hj. Dewi Noviany, S. Pd., M. Pd, menghadiri dan memberikan supot pada kegiatan perlombaan Posyandu Keluarga tingkat Kabupaten Sumbawa di kelurahan Lempeh, Kecamatan Sumbawa. (16/06/2023)

Wakil Bupati Sumbawa menyampaikan bahwa, Posyandu adalah salah satu bentuk upaya kesehatan berbasis masyarakat yang sudah menjadi milik masyarakat serta menyatu dalam kehidupan dan budaya masyarakat, meskipun dalam satu dasawarsa terakhir ini terjadi perubahan tatanan pemerintahan di Indonesia tetapi Posyandu masih tetap ada di tengah-tengah masyarakat untuk memberikan pelayanan kepada anak bayi dan balita ibu hamil serta lansia.

"Posyandu Tunas Mekar adalah Posyandu yang termasuk 5 besar yang mengikuti lomba Posyandu tingkat kabupaten yang telah ditetapkan oleh tim penilai, Posyandu Tunas Mekar dapat mewakili Kabupaten Sumbawa untuk lomba Posyandu ke tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat," ujarnya.

Dengan adanya Posyandu tersebut maka ibu hamil, ibu menyusui, anak bayi dan balita serta lansia menjadi sehat karena pemberian berbagai macam vitamin dan protein oleh dokter dan petugas posyandu, karena kita ketahui bersama bahwa sehat dan cerdas merupakan salah satu program pemerintahan Haji MO -NOVI.

"Saya yakin di Kelurahan Lempeh ini tidak ada yang namanya stunting karena dari penduduknya rata-rata orang-orang yang punya pendidikan Insya Allah ke depannya kita akan memberikan contoh kepada Desa-desa yang ada di Kabupaten Sumbawa untuk di tiru di Kelurahan Lempeh, Kecamatan Sumbawa," papar Hj. Novy.

Ada 5 hal yang tidak kalah penting di mana perilaku masyarakat yang harus diketahui yakni, pertama mengenai kesehatan ibu dan anak ini yang paling utama karena dana DAK insya Allah hampir di 24 Kecamatan ada pemeriksaan USG di semua Puskesmas ini adalah salah satu program pemerintahan Haji MO-NOVY.

Keberadaan Posyandu sangat diperlukan dalam mendekatkan upaya promotif dan preventif kepada masyarakat, utamanya terkait dengan upaya kesehatan ibu dan anak.

Peran dan dukungan pemerintah kepada Posyandu melalui Puskesmas sangat penting untuk memfasilitasi pelaksanaan berbagai kegiatan kesehatan di posyandu.

"Menjadi tepat sekali bilamana semua pihak menyadari bahwa upaya peningkatan peran dan fungsi Posyandu itu bukan semata-mata tanggung jawab pemerintah saja tetapi menjadi tanggung jawab kita bersama selaku dinas atau instansi terkait dengan senantiasa mendayagunakan fungsi Kelompok kerja operasional (POKJANAL) Posyandu maupun kelompok kerja (POKJA) Posyandu di setiap jenjang sehingga pembinaan Posyandu dapat terlaksana secara proporsional melalui pelaksanaan penilaian lomba Posyandu keluarga ini," pungkasnya.

Wabup juga berharap segala permasalahan dan kendala yang ada baik di Kabupaten, Kecamatan maupun tingkat Desa dapat di pecahkan bersama sehingga Posyandu yang berada di Kabupaten Sumbawa dapat lebih meningkatkan fungsi dan kinerjanya.

Pewarta: Red
Editor: R7 - 01