(Foto: Kepala Desa Bale Brang Iskandar saat mengadakan musyawarah penyegaran pengurus baru Karang Taruna di Aula Kantor Desa Bale Brang, Kecamatan Utan)


Sumbawa - Reportase7.com

Ratusan warga masyatakat Desa Bale Brang memenuhi ruang aula Kantor Desa Bale Brang dalam rangka penyegaran pengurus baru Karang Taruna yang telah habis masa bakti sejak terbentuk pada tahun 2016 dan berakhir pada 2022 silam.

Penyegaran pengurus baru Karang Taruna Desa Bale Brang merupakan hal yang lumrah dalam berorganisasi. Pemerintah Desa Bale Brang, Kecamatan Utan, Kabupaten Sumbawa mengundang masyarakat Desa Bale Brang untuk mengadakan musyawarah guna memilih pengurus baru Karang Taruna. (10/07/2023)

Kepala Desa Bale Brang Iskandar mengatakan bahwa, Karang Taruna merupakan organisasi kepemudaan yang dibentuk oleh pemerintah Desa dan kaum pemuda yang telah bersinergi dalam membangun kemitraan dalam segala sektor. Penyegaran pengurus merupakan bentuk untuk mempercepat program kerja yang telah dan akan dilaksanakan secara kelembagaan oleh Karang Taruna Desa Bale Brang.

"Adapun maksud dan tujuan dilaksanakannya penyegaran Karang Taruna ini karena masa bhakti telah habis dan selesai untuk pengurus lama," ungkap Kepala Desa Bale Brang Iskandar.

Kades Iskandar juga menyampaikan  bahwa, lembaga kepemudaan atau Karang Taruna punya arti penting dan kemitraan dalam membangun Desa dan Pemerintahan secara menyeluruh sesuai tahapan dan tingkatan masing- masing wilayah.

"Seluruh komponen masyarakat agar ikut aktif ambil bagian dalam membangu Desa, LPM, BPD, PKK, Gapoktan, P3A termasuk Karang Taruna dan masih banyak lainya," terangnya.

Dalam pertemuan tersebut disepakati, Ketua Karang Taruna Desa Bale Brang, Kecamatan Utan, tetap dijabat atau diketuai oleh Rifa'i, SKM. Sementara Wakil Ketua I dijabat oleh Tauhid, Wakil Ketua II Supriadi/Galang. Sekretaris Rudi Arnal, Bendahara, Syamsul Alamsyah.


Selanjutnya dalam penyusunan masing-masing bidang Pemdes Bale Brang akan menyerahkan langsung pada pengurus untuk mengisi siapa saja yang mereka kehendaki dan bisa di ajak kerjasama dalam mengembangkan program kerja Karang Taruna.

"Kami sangat mendukung dan mensupport Karang Taruna Desa Bale Brang dalam mengembangkan program-program apa saja nantinya yang akan di selenggarakan terutama yang berkaitan dengan kepemudaan dan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDA)," tandasnya.

Menanggapi hal tersebut salah satu tokoh masyarakat Hermansyah, SH, mengatakan dengan adanya penyegaran karang taruna ini, dia berharap agar adanya perbaikan pada segala lini untuk bersama-sama membangun Desa Bale Brang kedepannya.

"Sinergitas pemuda dan pemerintah Desa harus seirama dan saling support, agar pembangunan di Desa Bale Brang ini terlaksana dengan aman dan lancar," terangnya.

Pewarta: Mul/Muis
Editor: R7 - 01