(Foto: Kepala SMAN 1 Moyo Utara Iwan Nuddin, S. Pd)


Sumbawa - Reportase7.com

SMAN 1 Moyo Utara salah satu sekolah yang membuka SMA Terbuka di Pulau Sumbawa. Sekolah ini terletak di bagian utara pulau Sumbawa.

SMAN 1 Moyo Utara ditunjuk Dinas Dikbud NTB melalui SK Sekolah Induk PJJ SMA Terbuka pada angkatan pertama tahun pelajaran 2021/2022.

Kepala SMAN 1 Moyo Utara Iwan Nuddin, S. Pd, ketika dikonfirmasi media mengatakan SMAN 1 Moyo Utara menjadi sekolah induk untuk SMA Terbuka. Adapun jumlah siswa pada tahun ajaran pertama 2021/2022 sejumlah 28 siswa, lalu tahun kedua dengan jumlah 29 siswa. (17/07/2023)

Berbagai faktor penyebab anak-anak putus pendidikan, salah satu variabel terbesar adalah faktor ekonomi dan pernikahan pada usia dini, lanjut Iwan.


Dijelaskan Iwan dalam merekrut atau menambah siswa sekolah terbuka, tim sekolah melakukan sosialisasi dan turun hingga ke desa-desa sehingga pihak desa pun sangat mengapresiasi sebagai langkah kongkrit Dikbud NTB dalam hal mengurangi angka putus sekolah.

Sementara dalam proses pembelajaran tatap muka, sekolah memberi kebijakan dalam sepekan dua kali pertemuan, dengan tiga tempat kegiatan belajar (TKB).

TKB yang ada di Desa tersebut, yaitu Desa Penyaring, Desa Songkar, dan Desa Kukin.

"Tidak hanya tim dan pengelola sekolah terbuka saja yang turun ke lapangan, tetapi adanya keterlibatan anggota komite sekolah juga sangat berperan dalam sosialisasi, karena anggota komite kami tersebar di masing-masingdesa seKecamatan Moyo Utara," pungkas Iwan.

Pewarta: Fitri
Editor: R7 - 01