(Foto: Kepala MAN 2 Mataram H. Lalu Syauki bersama Kapokda NTB Irjen Pol Djoko Poerwanto dan Kepala Kanwil Kemenag NTB H. Zamroni Azis, SHI., MH, saat membuka MATSAMA TP 2023/2024)


Mataram - Reportase7.com

MAN 2 Mataram gelar Masa Ta'aruf Siswa Madrasah atau MATSAMA TP 2023/2024. Pembukaan MATSAMA dibuka Senin, (17/07/2023) untuk seluruh madrasah di Kota Mataram.

Adapun kegiatan pembukaan MATSAMA TP 2023/2024 untuk siswa baru di lingkup Kementerian Agama Kota Mataram dipusatkan di MAN 2 Mataram. Dibuka dalam bentuk Apel Siaga.

Kegiatan MATSAMA TP 2023/2024 diikuti oleh siswa baru dari MAN 1 Mataram, MAN 2 Mataram dan MAN 3 Mataram

Kapolda NTB, Irjen. Polisi Drs.Djoko Poerwanto didampingi Kakanwil Kemenag NTB, H. Zamroni Azis, SHI, MH resmi membuka kegiatan MATSAMA ini.

Kegiatan dimulai dari sambutan Kakanwil Kemenag NTB, H. Zamroni Azis, SHI, MH. Dalam sambutannya, Zamroni mengungkapkan jika kegiatan MATSAMA di NTB baru pertama kali dalam sejarah dihadiri dan dibuka oleh Kapolda NTB.

"Sebagai anak madrasah, kalian harus bangga karena saat ini madrasah bisa disejajarkan dengan sekolah umum hebat lainnya", ujarnya.

Siswa madrasah saat ini bisa menjadi siapa saja bisa menjadi apa saja. Karenanya, sekali lagi kalian harus bangga menjadi siswa madrasah, tegasnya.

Selain itu, Zamroni juga mengingatkan tentang pentingnya Moderasi beragama, yang titik fokusnya pada toleransi beragama dan adanya rasa saling menghormati antar agama dan sesama.

Kegiatan dilanjutkan dengan pembukaan secara resmi Kegiatan MATSAMA TP. 2023/2024 oleh Kapolda NTB, didampingi Kakanwil Kemenag NTB.

Kemudian dilanjutkan dengan penyematan tanda peserta secara simbolis perwakilan siswa baru dari MAN 1 Mataram, MAN 2 Mataram dan MAN 3 Mataram, sejumlah enam orang.


Lalu pemukulan gong dan pelepasan merpati bersama Kapolda NTB, Kakanwil NTB, Ketua KPU NTB, Ketua Bawaslu NTB dan Kepala MAN 2 Mataram.

Hal ini dilakukan sebagai simbol bahwa siswa madrasah harus bisa terbang setinggi-tingginya dalam menggapai cita-cita.

Dalam sambutannya, Kapolda NTB, Irjen. Polisi Drs. Djoko Poerwanto menyampaikan tentang pentingnya Wawasan Kebangsaan.

Siswa madrasah harus menanamkan rasa cinta tanah air dan juga kepada almamater dan daerah tercinta. Oleh karenanya, Djoko berpesan kepada siswa baru untuk mewujudkan cita-cita NTB menjadi provinsi yang gemilang.

Djoko juga memberi pesan kepada siswa madrasah yang baru, untuk melakukan lima hal, yaitu: bertaqwa kepada Allah swt, berbakti kepada kedua orang tua, berbakti kepada semua guru, setia kepada almamater, dan harus mencintai sesama.

Selain kelima hal itu, Djoko menekankan Moderasi Agama sebagaimana ruh Kementerian Agama yang digaungkan saat ini.

Bahwa sampai saat ini, kesan terhadap lulusan madrasah yang menjadi anggota Polri sangat baik dan positif, karenanya beliau berpesan kepada siswa baru untuk senantiasa fokus belajar dan menjadi sukses nantinya, lanjutnya.

Kegiatan ditutup dengan penyerahan cinderamata berupa plakat MAN 2 Mataram dan buku-buku terbitan guru dan siswa MAN 2 Mataram melalui wadah Gerakan Literasi Madrasah (GLM).

Dalam kesempatan itu juga cinderamata diserahkan berupaya plakat dari Kapolda NTB kepada Kepala MAN 2 Mataram.

Hadir dalam kegiatan teesebut yakni semua Kepala Madrasah di lingkup Kemenag Kota Mataram mulai dari jenjang MI, MTs dan MA dan turut diramaikan oleh Ketua KPU NTB dan Ketua Bawaslu NTB.

Pewarta: Fitri
Editor: R7 - 01