(Foto: Kepala SMK Negeri 3 Sumbawa Hasiah bersama siswa yang sukses menyabet prestasi di ajang LKS tingkat Provinsi di Selong Lombok Timur)


Sumbawa - Reportase7.com

Pelaksanaan Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Tahun 2023 SMKN 3 Sumbawa Besar mengikuti 2 mata lomba yakni Tata Busana dan Design Grafis.

Pada mata lomba Design Grafis sekolah ini berhasil meraih Juara 2 yang dimenangkan oleh Gita Bano Khalis Manick, di GOR Universitas Hamzanwadi Selong, Kamis, 08 Juni 2023.

Kepala SMKN 3 Sumbawa Besar Hasiah beberkan kiat-kiat sebelum pelaksanaan LKS, persiapan yang cukup untuk dapat berkompetisi di ajang LKS tingkat Provinsi.

SMKN 3 Sumbawa juga pernah mendapatkan juara LKS di tingkat provinsi, pada tahun 2020 dan 2021, selama dua tahun berturut-turut meraih juara 1 bidang BDP ( bisnis daring dan pemasaran ), tahun 2020 juara 2, bidang KKBT.

"Banyak hal tentunya kami lakukan, semenjak diumumkannya LKS Tingkat Provinsi dilaksanakan bulan Juli lalu," ungkapnya.

Rapat Koordinasi dengan kepala program juga dilakukan Hasiah, yang bertujuan untuk menentukkan mata lomba apa yang akan diikuti sekolahnya tersebut.

Selain itu, persiapan lainnya yaitu : menentukkan pembimbing siswa, membuat SK Peserta dan Pembimbing, memberikan arahan kepada peserta, serta membuat adeal latihan sesuai dengan waktu yang disepakati oleh pembimbing dan siswanya.

Dalam proses latihan 3 bulan menjelang LKS, Hasiah selalu memantau kendala apa saja yang dihadapi siswanya tersebut, agar saat perlombaan anak didiknya terbiasa dengan mata lomba yang diikutinya.

Terkait juara yang diperoleh siswanya dalam kegiatan LKS, sangat berdampak positif pada PPDB sekolah tersebut. Untuk pendaftarnya sudah mencapai 122 peserta, namun belum dengan data per tanggal 14 Juni.

Hasil ini tentunya meningkat dibandingkan tahun lalu, keinginan orang tua dalam menyekolahkan anaknya ke SMK juga menjadi acuan, banyak kegiatan di SMK yang membuat menarik para orang tua sehingga lebih mendukung anaknya untuk masuk sekolah kejuruan.

Dengan bakat dan keterampilan siswa siswinya, akan membuat sekolah ini menjadi luar biasa dan juara dibawah kepemimpinan Hasiah sebagai kepala sekolah. Selamat untuk yang juara dalam LKS Tingkat Provinsi, semoga ditahun berikutnya bisa lolos ke Tingkat Nasional.

Pewarta: Fitri
Editor: R7 - 01