(Foto: Rektor Universitas Muhammadiyah Mataram (UMMAT), Drs. Abdul Wahab, MA., Rektor Universitas Nahdlatul Wathan Mataram, Dr. H. Lalu Abdul Muhyi Abidin, MA., dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTB, Dr. H. Aidy Furqan, S. Pd., M. Pd. Saat menghadiri acara ICMAL 2023 di Prime Park Hotel & Convention Mataram)


Mataram - Reportase7.com

Academy of Languages Studies Universiti Teknologi Mara Kedah Branch Malaysia menyelenggarakan "2nd International Conference On Modern Languages And Applied Linguistics (ICMAL) 2023", bertempat di Prime Park Hotel & Convention Mataram, Lombok, Jumaat, (02/06/2023).

Universitas Muhammadyah Mataram (UMMAT) juga berkolaborasi dengan Universiti Mara Malaysia dan Universitas Nahdlatul Wathan (UNW) dalam rangka konferensi Internasional.

Kegiatan dibuka dengan penampilan tarian daerah oleh mahasiswi UMMAT yang memukau para peserta. Tarian ini menjadi pengantar yang indah untuk memulai konferensi.

Asbah Ambalawi Kepala Kerjasama dan Urusan Internasional UMMAT mengatakan bahwa, ICMAL ini salah satu konferensi internasional yang menghadirkan banyak peserta dari berbagai negara. Bahkan ada dari Amerika, Thailand, dan Malaysia.

Ia juga menambahkan kegiatan ini diikuti oleh 130 lebih peserta yang berasal dari berbagai elemen akademisi, ada praktisi, para profesional yang di luar.

"Tapi khusus untuk konferensi ini spesifik pada bidang linguistik dan applied linguistics kebahasaan," imbuhnya.

Alasan NTB yang menjadi lokasi terselenggaranya kegiatan ini adalah untuk menggaet orang-orang luar agar mengadakan event internasional di Lombok.

"Kita ingin orang luar datang ke Lombok untuk menyelenggarakan event-event internasional seperti ini," jelasnya.

Untuk Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka di NTB ini harus semakin ditingkatkan agar dapat bertukar pikiran dengan cendikiawan di NTB seperti mengadakan forum internasional.

"Lalu peran mobilitas Merdeka Belajar Kampus Merdeka itu harus kita gelorakkan dan galakkan sehingga terjadi pertukaran pemikiran terutama bagi cendikia yang ada di Nusa Tenggara Barat," lanjutnya.

Menurutnya, dengan cara mengadakan konferensi internasional maka martabat daerah bisa terangkat. Karena cara itu bakal mengangkat harkat dan martabat generasi kita ke depan dengan cara mengajak bergabung dalam event internasional seperti ini.

Kegiatan ini dihadiri juga oleh Rektor Universitas Muhammadiyah Mataram (UMMAT), Drs. Abdul Wahab, MA., Rektor Universitas Nahdlatul Wathan Mataram, Dr. H. Lalu Abdul Muhyi Abidin, MA., dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTB, Dr. H. Aidy Furqan, S. Pd., M. Pd.

Selain itu, pada penutupan acara, pihak penyelenggara memberikan Token of Appreciation kepada Main Collaborator sebagai bentuk penghargaan atas kontribusi mereka.

Pewarta: Fitri
Editor: R7 - 01