(Foto: Siswa dan siswi SMK Negeri 1 Sumbawa yang sukses menyabet juara pada ajang LKS tingkat Provinsi)


Sumbawa - Reportase7.com

SMKN 1 Sumbawa Besar, sabet dua Juara di ajang Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Tingkat Provinsi, Kamis, 08 Juni 2023 yakni juara 2 bidang Penataan Rambut (HAIRDRESSING), Beauty Therapy, Web Technology dan Juara 3 bidang Kue Pastry dan Confectionery, dan Hotel Recepsionist.

Untuk juara bidang Web Technology diraih oleh Muhammad Syukron, bidang beauty therapy diraih oleh Putri Salsabilla Azzahra, bidang Penata rambut diraih oleh Mauluna Cahyaningsih Tyar, bidang hotel recepsionist diraih oleh Muhammad Tegar, bidang kue pastry dan confectionery diraih oleh Chinta Putri Khairani.

SMKN 1 Sumbawa Besar dikenal dengan SMK Unggul Berbudaya Berbasis Digital ini berhasil meraih dua juara dengan lima mata lomba pada LKS Tingkat Provinsi 2023.

"Siswa di SMKN 1 Sumbawa Besar untuk tahun 2023 ini tidak ada yang mewakili ke tingkat nasional, sebelumnya di tahun 2022 sekolah kami berhasil meraih juara 4 Nasional tata busana dan 10 besar nasional untuk bidang kecantikan," ungkap Jayadi, S. Pd., M. Pd, selaku kepala SMKN 1 Sumbawa Besar.

Jayadi juga menerangkan bahwa, dalam meraih prestasi ini tentunya banyak hal yang telah kami lakukan, seperti pembinaan yaitu siswa dibimbing oleh satu orang guru dan menggandeng DUDI sesuai bidang lomba. Kemudian menghitung waktu penyelesaian soal untuk bisa diseleseikan tepat waktu oleh peserta lomba.

Sementara terkait pengaruh LKS terhadap PPDB di SMKN 1 Sumbawa Besar dijelaskam Jayadi, untuk tahun ini bagi siswa baru cukup berdampak, dapat dilihat dari animo minat siswa baru saat ini.

Dengan prestasi yang diraih sekolah ini juga berdampak pada meningkatnya PPDB Tahun 2023. Peminat siswa untuk masuk SMK semakin tinggi.

Terkhusus untuk SMKN 1 jumlah pendaftar siswa baru ada sebanyak 494 siswa di tahun 2023, jika dibandingkan dengan tahun 2022 hanya sebanyak 428 siswa.

"Target sangat terlampau untuk 14 kelas  rombongan belajar dari 7 program keahlian yaitu perhotelan, kuliner, TKJ, RPL, tata busana, tata kecantikan dan UPW atau usaha perjalanan wisata," jelasnya.

Pewarta: Fitri
Editor: R7 - 01