(Foto: Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud Abdullah saat membuka secara resmi Pelatihan Berbasis Kompetensi tahap II tahun 2023 di Sumbawa)

Sumbawa - Reportase7.com
Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud Abdullah membuka secara resmi Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) Tahap II Tahun Anggaran 2023 yang dilaksanakan oleh UPTD Loka Latihan Kerja (LLK) Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sumbawa. (05/06/2023)

Bupati Sumbawa menyampaikan bahwa, pelatihan ini adalah suatu hal yang strategis terutama di jaman sekarang, pelatihan apapun itu diharapkan diikuti dengan baik dengan harapan hasilnya juga baik, mengingat bahwa di masa yang akan datang persaingan akan semakin tinggi.

"Saya harap ada materi yang akan mengenalkan adat tana samawa selama masa pelatihan di LLK, materi adat tana Samawa merupakan representasi dari "Sumbawa Gemilang Yang Berkeadaban" dengan tujuan agar para peserta tidak lupa dengan jati diri mereka sebagai tau tana samawa," ungkap H. Mo sapaan akrab Bupati Sumbawa.

Pada kesempatan yang sama Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sumbawa Dr. Budi Prastiyo, S. Sos., M. AP,  menyampaikan bahwa, setelah melalui beberapa tahapan dan proses yang begitu panjang sebanyak 112 orang peserta yang mengikuti pelatihan tersebut dan terbagi dalam 7 paket pelatihan, yakni Instalasi Listrik Bangunan Sederhana, Las Listrik smaw/3g, Menjahit dengan Mesin, Operator Komputer Basic Office, Service Sepeda Motor Injeksi, Service AC, dan Pengolahan Hasil Pertanian/Jasa Boga.

Sesuai dengan momentum untuk memastikan visi dan misi Kabupaten Sumbawa tahun 2021 - 2026 dalam program unggulan yaitu menyediakan 10.000 tenaga kerja akan terpenuhi dan tetap berikhtiar bahwa seluruh tenaga kerja dari Kabupaten Sumbawa adalah tenaga kerja yang berkompeten, ditandai dengan sebuah pelatihan yang profesional dan ditandai pula dengan lahirnya sebuah sertifikat sebagai pengakuan dari sebuah keahlian.

"Para peserta akan menjalani pelatihan lebih dari satu bulan atau selama 43 hari," terangnya.

Selain pelatihan berbasis kompetensi Disnakertrans Kabupaten Sumbawa juga memiliki program kerja pengiriman pemagangan industri pada PT. Panasonic Manufacturing Indonesia yang telah dilaksanakan selama 3 tahun berturut-turut dan Sumbawa telah menjadi the best one.

Program peserta Pemagangan Sektor Tambang pada Kabupaten Sumbawa Barat juga telah dilakukan dan akan di lepas pula 60 orang peserta pemagangan pelatihan bea siswa mekanik alat berat dan akan segera membuka paket program Operator Alat Berat, Welder 6G dan Listrik yang akan didanai oleh APBD.

Kepala LLK Disnakertrans Sumbawa Andy Ashary, SE. menambahkan bahwa persyaratan untuk menjadi peserta PBK pada LLK Disnakertrans Sumbawa harus memiliki akun siap kerja yang dapat si download melalui PlayStore.

"Akun tersebut hanya dapat dibuat satu kali seumur hidup dengan manfaat dapat memperoleh layanan pelatihan, info pekerjaan, dan hal lain yang berkaitan dengan kementerian ketenagakerjaan," pungkasnya.

Pewarta: Red
Editor: R7 - 01