(Foto: Kepala Dinas Dikbud Provinsi NTB Dr. Aidy Furqan, M. Pd)


Mataram - Reportase7.com

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) NTB telah mengusulkan tambahan 1.200 formasi Guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun 2023.

Pemerintah Pusat telah mengumumkan akan membuka lowongan 1.030.000 calon aparatur sipil negara (CASN) 2023, dan diprioritaskan untuk tenaga pendidik dan kesehatan.

"Saya menambah usulan sekitar 1.200 formasi untuk slot yang baru sambil menunggu sisa sekitar 2.000 formasi yang belum terisi untuk Guru PPPK SMA/SMK dan SLB dalam rekrutmen tahun 2022," ungkap Kepala Dinas Dikbud NTB Aidy Furqan saat menghadiri Acara Pengukuhan Dewan Kebudayaan Daerah di Pendopo Gubernur, Juma'at, (16/06/2023).

Aidy menerangkan jika usulan tersebut dipenuhi maka permasalahan guru honorer di jenjang pendidikan SMA/SMK dan SLB di bawah Dinas Dikbud NTB akan tuntas.

"Sebanyak 5.993 orang jumlah guru honorer jenjang SMA/SMK dan SLB di NTB," terangnya.

Namun demikian, pada rekrutmen PPPK 2022, lebih dari 2.000 orang telah dinyatakan lulus menjadi Guru PPPK. Saat ini sudah dalam proses pengajuan Nomor Induk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (NIPPPK) ke Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Selanjutnya, untuk guru honorer Pemprov NTB akan dibayar berdasarkan jumlah jam mengajar, dan setelah dilakukan uji kompetensi guru (UKG). Bagi yang lulus UKG, selanjutnya mendapatkan SK Gubernur.

Kemungkinan jumlah guru honorer Pemprov NTB semakin berkurang. Karena banyak yang sudah pensiun atau ada yang meninggal dunia.

"Saya belum mengecek tambahan guru honorer baru di luar 5.993 guru honorer itu, karena banyak yang pensiun. Apakah sekolah ada yang mengangkat guru honorer sekolah," jelasnya.

Berdasarkan hasil seleksi kelulusan yang ditetapkan Badan Kepegawaian Negara (BKN), sebanyak 2.329 guru honorer dinyatakan lulus menjadi ASN PPPK Pemprov NTB.

Kepala BKD NTB Muhammad Nasir sebelumnya menyebutkan dari 3.412 formasi Guru PPPK 2022, sebanyak 2.329 orang yang dinyatakan lulus menjadi aparatur sipil negara (ASN) PPPK.

Pewarta: Fitri
Editor: R7 - 01