(Foto: Plt. Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi NTB Dr. Drs. Lalu Makripuddin, M. Si, saat penganugrahan Final Adujak 2023 di Hotel Grand Lagi Mataram)


Mataram - Reportase7.com

Dalam meningkatkan kualitas pelaksanaan pemberian akses informasi oleh pendidik sebaya dan konselor sebaya di PIK Remaja, serta meningkatkan kreativitas, pengetahuan dan pemahaman remaja yang ada di Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Perwakilan BKKBN Provinsi NTB menggelar Final Penganugerahan Apresiasi Duta dan Jambore dalam Ajang Kreativitas Genre (Adujak 2023), bertempat di Hotel Grand Legi Mataram, Sabtu, (17/06/2023).

Hadir dalam Acara Final tersebut Genre Provinsi NTB Niken Saptarini Zulkiflimansyah, SE, M.Si atau yang akrab dipanggil Bunda Niken.

Plt. Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi NTB Dr. Drs. Lalu Makripuddin, M. Si, menekankan tugas duta genre untuk melakukan sosialisasi dan promosi program genre.

"Nantinya para duta genre ini akan melakukan sosialisasi dan promosi program genre di lingkungan remaja, untuk penanganan penurunan stunting di NTB," ungkapnya.

Sehingga hasil yang didapatkan akan lebih efektif karena komunikasi yang terjalin dilakukan dengan pendekatan dari, oleh dan untuk remaja sehingga menjadi ramah remaja.

Adujak Genre NTB adalah program dari BKKBN Prov. NTB. Program ini memiliki tujuan utama yaitu untuk meningkatkan kreativitas para remaja dalam pemberian akses informasi, pendidikan, dan konseling bagi remaja, jelasnya.

Ia menambahkan melalui duta genre ini juga ada media pengembangan kapasitas bagi para remaja Indonesia yang tergabung dalam PIK Remaja, dan diselenggarakan juga Jambore Ajang Kreativitas Genre.

Hal ini bertujuan untuk memupuk kebersamaan, semangat para remaja serta sebagai wadah pertukaran informasi dan pengalaman tentang implementasi program genre.

Kegiatan Adujak tahun ini sangat berbeda dengan tahun sebelumnya, dimana tahun ini diperkaya dengan pembelajaran lapangan di kampung KB Dusun Rumbuq, Desa Mekar Sari, Lingsar, Kabupaten Lombok Barat yaitu melalui kegiatan dahsyat dan implementasi nyata genre cegah stunting.

Final Adujak 2023 ini dimenangkan oleh Ahmad Nova Alfandi dari Kota Mataram sebagai Duta Genre Putra 2023 dan Minhatul Aulaq dari Lombok Timur sebagai Duta Genre Putri 2023.

Duta genre yang terpilih ini akan menjalankan tugasnya sebagai icon program genre selama satu tahun kedepan.

Pewarta: Fitri
Editor: R7 - 01