(Foto: Kepala Bidang SMK Dikbud NTB M. M. Khairul Ihwan, S. Pd., MT, dan sejumlah siswa SMKN 2 Sumbawa yang sukses menyabet 9 gelar juara pada ajang LKS tingkat Provinsi)


Mataram - Reportase7.com

Pelaksanaan Lomba Kompetensi Siswa (LKS) 2023 menjadi moment bahagia bagi keluarga besar SMKN 2 Sumbawa, pasalnya dalam LKS Tingkat Provinsi tersebut, sekolah ini berhasil sabet 9 juara sekaligus, di GOR Universitas Hamzanwadi Selong, Kamis, 08 Juni 2023 pekan lalu.

SMKN 2 Sumbawa kembali menunjukkan keunggulannya sebagai juara. Diantaranya, Juara 1 dalam mata lomba Industrial Control yang akan lanjut ke Tingkat Nasional, lalu Juara 2 pada 5 mata lomba, Electrical Instalation, CAD Building, CNC Turning, Refrigeration and Air Condition, Electronic, terakhir Juara 3 pada 3 mata lomba, yaitu Bricklaying, Alat Berat dan Car Painting.

Kepala SMKN 2 Sumbawa Besar, Khaeruddin, M. Pd, mengatakan bahwa keberhasilan ini merupakan hasil dari proses pembelajaran di sekolah dan diI industri. (18/06/2023)

"Prestasi dalam LKS ini merupakan hasil dsri proses pembelajaran anak-anak di sekolah dan dill industri," ungkap Khaeruddin.

Pemilihan peserta LKS di SMKN 2 Sumbawa, dimulai dari seleksi tingkat kompetensi keahlian. Siswa siswa yang terbaik dimasing-masing kompetensi keahlian tersebut kemudian mengikuti penguatan skill di sekolah dan industri saat diluar jam formal.

Kheeruddin menambahkan, disamping penguatan skill, siswa juga mendapatkan pembinaan mental dari guru agama dan BK sehingga mereka memilki kesiapan diri untuk berlomba baik secara skill, pengetahuan maupun mental. Dan hasillnya sangat membanggakan walapun mereka masih duduk di kelas XI.

Tehadap siswa-siswa ini tentunya sekolah beri penghargaan berupa pembebasan Biaya Penyelengaraan Pendidikan (BPP).

"Dan bagi sang juara yang selama ini bebas BPP karena memilki KIP atau KIS, mereka diberikan voucher belanja kebutuhan sekolah di Quantum Mart SMKN 2 Sumbawa, besarannya pun sesuai dengan pencapaian juara," tutup Khaeruddin.

Kepala Kantor Cabang Dinas Dikbud Kabupaten Sumbawa Nasrullah Darwis, M. Pd, mengapresiasi prestasi yang diraih SMKN 2 Sumbawa.

"Turut merasa bangga dengan perhelatan LKS tahun 2023, dan alhamdulillah SMKN 2 Sumbawa memperoleh 1 juara yang lanjut ke tingkat nasional yaitu industrial control," ujarnya.

Nasrullah berharap, karena ini sangat unik dan spesifik yang membuat kita bangga dan senang, mudah-mudahan kedepannya bisa menancapkan prestasi yang gemilang di Tingkat Nasional.

Kemudian untuk ke Tingkat Nasional, pihak KCD Dikbud Sumbawa minta dari Kepala Sekolah bersama guru-guru agar diberikan latihan khusus, untuk bidang yang dilombakan.

Sementara yang memperoleh Juara 1 di SMKN 2 Sumbawa ini akan di panggil dan diberi penghargaan khusus oleh KCD Dikbud Sumbawa yang bertepatan dengan moment 17an di bulan Agustus, imbuhnya.

"Ini juga merupakan bonus, karena apa yang diraih SMKN 2 Sumbawa merupakan hasil dari siswa-siswa yang terpilih," jelasnya.

Dari masing-masing SMK di Sumbawa, dipilih siswa siswa yang sesuai dengan kompetensi dan keahliannya, yang diperlombakan saat LKS 2023 di Selong Lombok Timur.

Kepala Bidang SMK Dikbud NTB M. M. Khairul Ihwan, S.Pd., MT, mengungkapkan Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK di NTB sekarang sudah sangat kompetitif, bahkan sekolah jauhpun bisa juara dalam kompetisi ini.

Hal ini menandakan intervensi Program SMK Gemilang Karya yang kita gagas melalui Pergub 75 Tentang Revitalisasi SMK Tahun 2020 mulai di rasakan oleh semua SMK di NTB, ungkapnya ketika dikonfirmasi media reportase7 melalui pesan singkat, Minggu, (18/06/2023).

Tak terkecuali dengan raihan prestasi SMKN 2 Sumbawa Besar dalam LKS Tahun 2023 ini.

"Saat ini Dikbud NTB sangat serius menaikkan level target, agar bisa berbicara dan di perhitungkan pada LKS di tingkat Nasional, maka kami di Bidang SMK akan terus memonitor proses pembinaan dalam proses ke Nasional ini," imbuhnya.

Untuk siswa yang belum juara, akan tiba saatnya untuk menjadi juara, karena fasilitas kita sudah lengkap dan merata di semua Kabupaten/Kota.

"Kepada siswa SMK yang akan berlaga tahun depan mulai rajin praktek, rajin latihan karena tahun depan kompetisi semakin ketat," pungkasnya.

Pewarta: Fitri
Editor: R7 - 01