(Foto: Kepala SMK Negeri 1 Sikur Hasbi Ahmad)


Mataram - Reportase7.com

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan ( Dikbud ) NTB telah memberikan penghargaan kepada SMA/SMK, dan SLB yang ada di Provinsi NTB dalam ajang Anugerah Istimewa Sekolah ( AISO ) 2023 yang digelar bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional ( Hardiknas ), Selasa, 02/05/2023, bertempat di Gelanggang Pemuda Olahraga Mataram.

Beberapa sekolah andalan yang ada di Provinsi NTB telah menerima berbagai bentuk kategori penghargaan, salah satunya SMKN 1 Sikur yang masuk dalam kategori Program Kelas Wirausaha Terbaik.

Kepala SMKN 1 Sikur Hasbi Ahmad ketika ditemui media, Kamis, 4/5/2023 mengatakan penghargaan yang diterima dari AISO 2023 merupakan bonus untuk sekolah, namun ada yang lebih penting dari penghargaan tersebut, ujar Hasbi.

"Kami memiliki Kelas Wirausaha yang merupakan salah satu sebelas strategi SMK Bidang Karya dalam Program NTB Gemilang. Karena, SMKN 1 Sikur adalah sekolah PK (SMK Pusat Unggulan)."

Lanjut Hasbi, SMKN 1 Sikur juga memiliki banyak program hebat, diantaranya Kerjasama dengan Malaysia untuk magang siswa, lalu ada launching dengan Bank Syariah untuk mempermudah siswa siswi dalam pembayaran SPP. Namun, yang sangat terekspose kepermukaan adalah Kelas Wirausaha.

Kelas Wirausaha yang dimiliki sekolah ini merupakan market produk yang dihasilkan dari teaching factory. Karena, setiap jurusan menghasilkan produk. Dan sekolah memberikan ruang untuk siswa siswi berusaha.

SMKN 1 Sikur saat ini telah melaunching Gerobak Masuk Pasar ( Gempar ) dan Gerobak Masuk Desa ( Gemas ) untuk dikenalkan kepada masyarakat bahwa ini adalah wirausaha dari siswa siswi, dan itulah yang menjadi alasan sekolah untuk membentuk Kelas Wirausaha agar mempermudah anak-anak dalam membentuk suatu usahanya.

Terkait dengan penghargaan AISO 2023 dari Dikbud merupakan suatu bonus untuk SMKN 1 Sikur. "Karena, sekolah kami juga memiliki banyak prestasi salah satunya Kelas Magang ke Malaysia. Dan yang menjadi prioritas juga berapa siswa siswi yang telah bekerja, contohnya : di Malaysia sudah terdapat 23 orang siswa uang sudah magang," imbuhnya.

Perbedaan SMKN 1 Sikur dengan sekolah lain ini adalah inovasi dari Hasbi untuk memagangkan siswa siswi hingga ke Malaysia. Karena tujuan dari SMK itu adalah bekerja, tutupnya.

SMKN 1 Sikur memiliki luas tanah sekitar 1,2 ha, dengan total siswa 1.276, lalu untuk guru dan pegawai berjumlah 115 termasuk didalamnya pegawai TU serta memiliki sebelas jurusan.

Pewarta: Fitri
Editor: R7 - 01