(Foto: Kepala Sekolah SMKN 5 Mataram H. Istiqlal)


Mataram - Reportase7.com

Puncak Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Provinsi NTB Dinas Dikbud NTB selaku bagian dari Pandidikan menggelar acara Anugerah Istimewa Sekolah (AISO) 2023. Acara ini kali kedua dilaksanakan sebelumnya di tahun 2021. (07/05/2023)

Dikbud NTB memberikan Penghargaan kepada sekolah-sekolah yang ada di Provinsi NTB. Terdapat 67 Sekolah SMA/SMK Negeri dan Swasta yang berhasil meraih penghargaan AISO ini.

Salah satu penghargaan yang diberikan yakni Kategori SMK BLUD Terbaik dimenangkan oleh SMKN 5 Mataram, dan  Teaching Factory SMK Terbaik juga SMKN 5 Mataram, Selasa, 02 Mai 2023.

SMKN 5 Mataram (SMIK) dalam singkatan umumnya adalah salah satu SMK BLUD Cabang Dinas Dikbud NTB. Sekolah ini juga satu-satunya sekolah yang memiliki gallery Batik Sasambo (Sasak Samawa Mbojo).

Batik Sasambo merupakan singkatan dari nama tiga Suku di NTB, yakni Suku Sasak, Suku Samawa, dan Suku Mbojo. Batik Sasambo sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat lokal yang telah banyak memesan batik Sasambo untuk dijadikan seragam sekolah.

Kepala SMKN 5 Mataram H. Istiqlal menyampaikan rasa syukurnya atas dua penghargaan yang telah diterima sekolah pada ajang AISO 2023 ini.

"Selain itu, penghargaan ini tidak lepas dari penilaian pemerintah pusat terhadap teaching factory kita. Sejauh ini, program Teaching Factory kita berjalan dengan bagus," ujarnya.

Ini sebagai bukti bahwa produk yang dihasilkan SMKN 5 Mataram, bukanlah produk prototipe untuk dipajang. Produk sekolah ini juga banjir pesanan. Seperti batik sasambo yang sudah menjadi produk primadona SMKN 5 Mataram. Pemesannya pun berasal dari berbagai kalangan.


"Di beberapa instansi pemerintahan di NTB ini sudah banyak yang pesan. Kemudian di luar daerah, sampai ada pesanan dari luar negeri," imbuhnya.

Untuk mempertahankan penghargaan AISO, SMKN 5 Mataram akan lebih giat lagi dalam menciptakan rancangan batik yang baru ke depannya.

Selain itu, kemungkinan besar, SMKN 5 Mataram sudah dipercaya oleh direktorat SMK, Kemendikbud untuk menjadi Narasumber BLUD di Wilayah Indonesia Timur.

"Dalam waktu dekat, kami bersiap-siap untuk berangkat ke SMK-SMK di wilayah Indonesia Timur.

"Dari batik Sasambo, SMKN 5 Mataram memperoleh ombset per bulannya Tembus Rp 50 juta. Itu tergantung jumlah pesanan. Fluktuasinya tinggi," tutupnya.

Pewarta: Fitri 

Editor: R7 - 01