(Foto: Kegiatan wisuda purna wiyata ke ke-52 SMK Negeri 3 Mataram di Grand Madani Hotel)


Mataram - Reportase7.com

SMK Negeri 3 Mataram menggelar acara Wisuda Purna Wiyata ke-52 untuk peserta didik kelas 12 Tahun Ajaran 2022/2023 bertempat di Grand Madani Hotel, Sabtu (13/05/2023).

Acara ini dihadiri oleh Kadis Dikbud NTB Dr. H. Aidy Furqan, S. Pd., M. Pd, Sekdis Dikbud NTB Jaka Wahyana, S. Pd, Kabid SMK M. Khairul Ihwan, S. Pd., MT, serta wali murid dari peserta didik alumni SMKN 3 Mataram.

Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dibawakan oleh seluruh yang hadir yang dilanjutkan dengan lagu Mars NTB Gemilang dan Pembacaan Doa.

Kepala SMKN 3 Mataram H. Ruju Rachmad, S. Pd., MT, dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh peserta didik tahun ajaran 2022/2023 yang telah menyeleseikan tugasnya dalam kegiatan belajar selama 3tahun.

"Alumni SMKN 3 angkatan 52 sebanyak 563 dan 3 siswa siswi yang dinyatakan tidak lulus. Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta didik yang telah mengikuti kegiatan belajar mengajar dengan baik," ungkap Ruju.

Dari total 563 siswa kelas 12 yang purna terdapat peserta didik yang juga sudah bekerja yakni 56 orang, 76 orang yang kuliah dengan jalur prestasi, dari industripun juga banyak merekrut peserta didik yang telah tamat sekolah.

Harapan saya agar menjadi orang yang sukses, bisa membanggakan kedua orang tua, dan membanggakan ibu guru sekolah. Dan apa yang di dapat selama tiga tahun sekolah harus sudah mempunyai langkah selanjutnya, sesuai dengan pashion dan impian yang di inginkan.

"Karena alumni SMKN 3 Mataram adalah orang-orang hebat, orang-orang yang sukses. Jaga nama baikmu, jaga nama baik orang tuamu, dan jaga nama baik sekolahmu," tutup Ruju.

Acara dilanjutkan dengan prosesi wisuda dilakukan perkelas, Kepala Sekolah mengalungkan Gordon kepada siswa didampingi Kepala kompetensi keahlian dan Wali kelas untuk memberikan Album Kenangan. Sebelum prosesi wisuda terlebih dahulu kepada siswa berprestasi baik di bidang akedemik maupun non akademik diberikan penghargaan dari sekolah berupa sertifikat dan uang tunai.

Kepala Dinas Dikbud NTB melalui Sekertaris Dinas Dikbud Jaka Wahyana,. S.Pd mengucapkan selamat atas wisuda para peserta didik SMKN 3 mataram yang sudah tuntas belajar dalam tiga tahun.

"Hari ini adalah hari yang istimewa di mana satu fase satu tahap dalam kehidupan anak anak sudah terselesaikan, yaitu masa menuntut ilmu."

Oleh karena itu, dalam kesempatan yang singkat ini, "saya berpesan kepada anak anak sekalian, setelah lulus dari smk 3, maka segeralah untuk melanjutkan langkah berikutnya meniti masa depan. Tetapi jangan lupa Kesuksesan anak-anak itu ditentukan oleh Ridho orang tua dan ridho para bapak ibu guru, imbuh Jaka.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada kepala sekolah, guru, pengawas dan tentunya para bapak, ibu guru yang telah membimbing anak anak kita."

Semoga jerih payah bapak ibu guru mendapatkan balasan yang melimpah dari Allah SWT dan wisuda purna wiyata yang ke-52 ini dapat berjalan dengan sukses, pungkasnya.

Kepala Bidang SMK M. Khairul Ihwan, S. Pd., MT juga menambahkan untuk peserta didik yang telah lulus dapat mengejar kesuksesannya berdasarkan kompetensi yang dimiliki masing-masing.

Karena visi dari SMK adalah bekerja. Akan tetapi, jika ada yang ingin melanjutkan ke jenjang berikutnya juga bisa dilakukan, ungkap Ihwan panggilan akrabnya.

Beliau juga bercerita bagaimana jenjang karir yang bisa diraih setelah lulus dari SMK. Yang jadi motivasi sekolah itu adalah SMKN 3 Mataram dengan guru- guru yang hebat dengan fasilitas yang hebat juga dan sudah sangat siap berwirausaha yang sukses.

Terdapat 56 orang yang sudah bekerja, lemudian 13 orang itu sudah menjadi pengusaha pemula serta ada puluhan orang juga tadi sudah diterima di perguruan tinggi.

"Saya ucapkan selamat kepada adik-adik nah yang belum mendapatkan dan belum menentukan mau ke mana, segera menentukan pilihan. Apakah mau berwirausaha? Apakah mau kuliah atau bekerja," tutup Ihwan.

Pewarta: Fitri
Editor: R7 - 01