(Foto: Sejumlah santri yang wisuda dari Ponpes Modern Al-Hikmah angkatan ke-X tahun 2023)


Sumbawa - Reportase7.com

Pondok pesantren modern Al-Hikmah Kecamatan Utan menggelar kegiatan purna santri atau wisuda santri yang berlangsung di lapangan Ponpes Al-Hikmah. Wisuda kali ini merupakan wisuda santri angkatan ke-X tahun 2023 sebanyak 20 santri. (13/05/2023)

KH. Sihabbuddin, pimpinan pondok modern Al-Hikmah Kecamatan Utan, Kabupaten Sumbawa, NTB menekankan agar selalu bersyukur pada Allah SWT yang telah memberikan keberkahan sebagaimana pada acara yang sangat bersejarah di Pondok Al-Hikmah ini bisa melahirkan wisudawan dan wisudawati sebanyak 20 santri yang nantinya akan menjadi calon penerus generasi masa depan bangsa.

"Santri yang wisuda hari ini merupakan tongkat estafet masa depan bangsa yang merupak generasi gemilang Sumbawa untuk mewujudkan cita-cita pembangunan yang berkelanjutan di masa mendatang," uangkap KH. Sihabuddin.

KH. Sihab sapaan Pimpinan Pondok Al-Hikmah menjelaskan bahwa hari ini merupkan hari yang sangat istimewah dimana Dr. KH. Zulkifli Muhadli, SH., MM, berkesempatan hadir ditengah-tengah kegiatan wisudah santri-santriawan Ponpes Modern Al-Hikmah Kecamatan Utan Sumbawa.

Dr. KH. Zulkifli Muhadli, SH, MM, merupakan Pimpinan Pondok Al-Ihlas, Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) sekaligus menjabat sebagai Ketua Forum Pondok Pesantren Alumni Gontor se-Indonesia).

KH. Sihab juga menyampaikan rasa terimakasihnya kepada wali santri yang telah mempercayakan pondoknya untuk belajar dan mendidik  serta menggambleng anak-anak untuk menjadi pribadi yang pintar, berakhlak mulia, kuat serta mandiri dalam ilmu agama.

"Selamat kepada santri yang telah selsai menempuh pendidikan di Ponpes Al-Hikmah, semoga para wisudawan dan wisudawati tidak merasa puas akan ilmu yang telah di raihnya saat ini, tentunya dalam mengejar ilmu tidak ada batasan umur bahkan sampai ajal menjemput adalah batasan kita menuntut ilmu di muka bumi ini," terang KH. Sihab.


Pada kesempatan yang sama perwakilan wali santri Syamsul Hasar menyampaikan, terima kasih yang tiada terkira kepada pimpinan serta para guru pembimbing Ponpes Al-Hikmah sehingga para siswa atau santri dapat menyelesaikan pendidikannya atau melaksanakan wisuda.

"Terima kasih kepada semua pihak yang terlibat terutama pimpinan Ponpes Al-Hikmah KH. Sihabuddin yang telah mendidik dan mengasuh anak-anak kami sehingga menjadi anak yang kuat, tangguah, mandiri dan berakhlakul karimah," ujar Syamsul Hasar.

Pimpinan atau pengasuh Ponpes Al-Ikhlas Dr. KH. Zulkifli Muhadli, SH., MM, pada orasi ilmiahnya menjelaskan bahwa, dalam menjalankan atau mengelola Pondok Pesantren itu yang paling utama ditamakan dalam diri kita adalah modal keyakinan serta modal kepercayaan diri yang tinggi sehingga mampu memanajerialkan semua sistim yang ada di dalam pondok itu sendiri.

"Para guru harus mampu menjadi tauladan bagi para santri yang sedang menuntut ilmu, cerminkan kebaikan dan rasa kebersamaan dalam mengelola sebuah lembaga atau yayasan," ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa, guru yang utama dalam kehidupan ini yaitu Allah. Allahlah yang mengajarkan adam tentang nama-nama dan merupakan manusia terpandai dimuka bumi ini, karena telah diajarkan oleh Allah SWT tentang semua hal yang ada di bumi.

"Guru pertama dimuka bumi ini adalah adam dan muridnya para malaikat," terangnya.

Tampak hadir pada acara wisuda tersebut yakni Ust, Syamsul Munir dari Kemenag Kabupaten Sumbawa, seluruh perwakilan Pimpinan Ponpes se-Kabupaten Sumbawa, anggota DPRD Kabupaten Sumbawa
Gita lisbano, SH, M. Kn,
Wakapolsek Kecamatan Utan Sumbawa NTB.

Kegiatan wisudah santri Ponpes Al-Hikmah berlangsung secara sederhana dan penuh arti serta kesan-kesan moral dari para pengasuh Ponpes yang sempat memberikan wejangan kepada para tamu yang hadir serta santri.

Pewarta: Abdul Muis
Editor: R7 - 01