(Foto: General Manager PLN UIW NTB Sudjarwo saat meresmikan Unit SPKLU di halaman Epicentrum Mall Mataram)


Mataram - Reportase7.com

PLN dalam mengembangkan ekosistem kendaraan listrik di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Salah satunya dengan terus menambah Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di beberapa lokasi di NTB.

Kini satu unit SPKLU yang berlokasi di Parkir Timur Lombok Epicentrum Mall (LEM) Kota Mataram diresmikan Senin,(27/03/2023).

Langkah PLN ini perlu diapresiasi dalam mendorong ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. Dengan adanya infrastruktur kendaraan listrik yang masif, maka masyarakat akan semakin familiar dengan kendaraan listrik.

Dalam sambutannya General Manager PLN UIW NTB Sudjarwo menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dalam infrastruktur kendaraan listrik ini.

"Kita sudah meresmikan 9 SPKLU di Kota Mataram ini, dan kini juga sudah ada 29 unit kendaraan listrik yang sudah beroperasi," ungkapnya.

Mudah-mudahan dengan segera akan menjadu semakin banyak juga. Hal ini akan memberikan kemudahan bagi pemakai kendaraan listrik.

"Jadi komitmen kami PLN bersama-sama menyiapkan infrastruktur untuk kendaraan listrik ini, walaupun populasinya masih 29 unit, saya yakin nantinya akan bertambah banyak," jelasnya.

Dijelaskan Sudjarwo bahwa, sekarang PLN siap memfasilitasi. Ekosistem kendaraan listrik sudah cukup baik dengan infrastruktur yang intens kita gencarkan karena ini menjadi kewajiban kita untuk mendukung transportasi zero waste.

Ia berharapa infrastruktur semakin baik, ekosistem kendaraan berlistrik juga semakin banyak.

Peresmian SPKLU di Dukung oleh Para Pejabat di NTB

Dalam peresmian SPKLU ini hadir juga beberapa pejabat oenting lainnta yang ada di Kota Mataram yakni Ketua DPRD Kota Mataram, GM Damri, GM LEM, Dirut PLN Nusra Tenggara, Kadis Perhubungan, GM Hotel Santika, GM Prime Park Hotel, dan lainnya.


General Manager (GM) LEM Salim menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada pihak PLN Wilayah yang telah mempercayakan kerja sama dengan Lombok Epicentrum Mall dalam peletakkan SPKLU ini.

"Kita bisa bersinergi dengan baik dan mudah-mudahan kita tidak luput untuk merawatnya, sehingga pengguna juga happy dan juga bisa terus-menerus lebih memilih cas di sini kendaraan listriknya dibandingkan di Dinas Perhubungan karena lebih dekat," tandasnya.

Pada kesempatan yang sama ketua DPRD Kota Mataram H. Didi Sumardi, SH, ikut memberikan apresiasi dalam peresmian SPKLU ini. Ia mengatakan siap untuk mendukung PLN menuju Zero Emission 2050 nantinya.

"Jika memang ada yang dibutuhkan atau diperlukan dalam menambah SPKLU maupu  kendaraan listrik, maka kami dari DPRD akan siap membantu dan memberikan dukungan," ungkapnya.

GM Damri Haris juga memberikan dukungan dengan adanya SPKLU ini. Karena pada umumnya di Kota Jakarta juga sudah ada penempatan SPKLU untuk di Kantor Damri. Sementara di Kota Mataram masih dalam proses pembahasan apakah bisa atau tidaknya SPKLU ditempatkan di Halaman Kantor Damri nantinya.

Haris juga mengatakan, saat ini sudah ada Bis Besar Listrik yang dari Bandara menuju ke Gambir, untuk di Kota Mataram belum ada karena harus melalui proses pembahasan tapi akan diusahakan nantinya di Kota Mataram juga harus ada.

Pewarta: Fitri
Editor: R7 - 01