(Foto: BPKP bersama tim BWS NT 1 meninjau Bendungan Beringin Sila Kecamatan Utan, Kabupaten Sumbawa)


Sumbawa - Reportase7.com

Kepala BPKP Provinsi NTB SIDI Purnomo didampingi Kepala Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggara Satu (BWS NT1) NTB Tampang, ST., MT, melakukan peninjauan lapangan ke beberapa proyek Bendungan dan Irigasi di wilayah Pulau Sumbawa, Selasa (20/02).

Hadir dalam kegiatan tersebut Humas PT Brantas Abipraya Sudarto, Kepro PT Nindya Karya Dairobi, Pejabat Pembuat Komitmen Bendungan Beringin Sila Agus Nurdiansyah.

Sebelum menuju lapangan untuk meninjau titik kawasan bendungan, Kepala BPKP NTB diberi penjelasan oleh Kepala BWS NT1 NTB terkait Kondisi fisik dari bendungan bringin sila yang sampai saat ini masih tahap pemeliharaan dari pihak kontraktor dan belum melakukan serah terima Final Hand Over (FHO).

Selanjutnya rombongan menuju Bendungan Bintang Bano Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) dan melanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Bima. (22/02/2023)

Humas PT Berantas Abipraya selaku Kontraktor Proyek Bendungan Beringin Sila mengatakan bahwa pihaknya tidak punya kewenangan untuk menjelaskan kondisi Bendungan pasca penyerahan ke Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Sumbawa.

"Kami masih punya tanggung jawab pemeliharaan hingga akhir tahun 2023 ini, karena saat ini masih belum selesai atau FHO," katanya.

Sementara Sekjen Pokdarwis Batu Sangka Awan Gemilang Utan Syapruddin AR merasa kecewa atas tinjauan lapangan yang dilakukan BPKP NTB. Hal tersebut dikarenakan beberapa hal yang meresahkan masyarakat.

"Ada beberapa hal yang meresahkan masyarakat dari bendungan ini, yang mana terjadi penurunan tanah yang mengkhawatirkan bila terjadi gempa, terjadi retakan jalan, tidak adanya penahan tebing di jalan tembus bagian sebelah timur dan tidak ada petugas atau pemelihara taman Bendungan," ucapnya.

Dia juga mengaku kecewa atas sikap dari Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Bendungan Beringin Sila yang mendampingi Kepala BPKP NTB yang tidak menanggapi baik apa yang menjadi kekhawatiran masyarakat melalui Sekjen Kelompok Sadar Wisata Batu Sangka Awan Gemilang.

Pewarta: Abdul Muis
Editor: R7 - 01