(Foto: Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud Abdullah)


Sumbawa - Reportase7.com

Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud Abdullah beserta istri menghadiri acara pembukaan Festival Seni Qasidah dan Bintang Vokalis Tingkat Kabupaten Sumbawa Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh DPD LASQI Kabupaten Sumbawa di Auditorium Universitas Samawa pada hari Rabu (22/02) malam Kamis.

Turut hadir pada acara tersebut Rektor Universitas Samawa beserta istri, Ketua DPD LASQI Kab. Sumbawa, Ketua Pengadilan Agama, Kadis Kominfotiksandi Kabupaten Sumbawa, Kabag KESRA, Kepala OPD, para Camat, Lurah , tokoh agama, tokoh masyarakat serta tamu undangan lainnya. (23/02/2023)

Dalam sambutannya  Bupati Sumbawa mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada DPD LASQI Kabupaten Sumbawa dan segenap panitia penyelenggara atas pelaksanaan kegiatan ini, karena hal ini merupakan kegoatan yang pertama kali dilaksanakan di Kabupaten Sumbawa dalam rangka mempersiapkan para peserta yang nantinya akan mengikuti lomba Tingkat Provinsi yang akan dilaksanakan di Kabupaten Sumbawa.

Bupati berharap kepada semuanya untuk bersama-sama mendukung kegiatan ini dan tentunya kita semua berharap para Qasidah dan Seniman Kabupaten Sumbawa ini dapat nantinya berperan aktif dalam kegiatan di Tingkat Provinsi yang akan dilaksanakan pada Bulan Mei 2023 mendatang.

"Kepada pengurus LASQI Tingkat Kecamatan agar turut membantu agar LASQI ini dapat berkembang dan sekaligus dapat mengelorakan syi’ar islam melalui qasidah disetiap Kecamatan terutama di Kabupaten Sumbawa," ujar Bupati Sumbawa  sekaligus membuka secara resmi Festival Seni Qasidah dan Bintang Vokalis Tingkat Kabupaten Sumbawa Tahun 2023 yang ditandai dengan pemukulan rabana.

Senada dengan Ketua Umum DPD LASQI Kabupaten Sumbawa Ny. Sovia Noviantry Rayes Mahmud Abdullah mengatakan bahwa, penyelenggaraan festival seni Qasidah dan Bintang Vokalis ini merupakan wadah untuk memperkenalkan kepada masyarakat dan mewariskan kepada generasi muda akan ketinggian dan keluhuran seni budaya islam yang saat ini mulai terkikis oleh budaya modern.

Kedepannya, Ketua Umum Lasqi Kabupaten Sumbawa berharap aga dapat mengagendakan kegiatan ini dala program tahunan sekaligus sebagai ajang seleksi dan menjaring potensi seniman lasqi berbakat yang akan menjadi duta Kabupaten Sumbawa pada festival seni Qasidah tingkat Provinsi maupun Nasional.

Mengingat pada tahun lalu TIM LASQI KLASIK REMAJA PUTRI KABUPATEN SUMBAWA berhasil meraih juara I pada festival seni Qasidah tingkat provinsi NTB dan pada tahun yang sama, berhak mewakili Provinsi NTB pada festival seni Qasidah tingkat Nasionak di Kabupaten Karawang Jawa Barat.


"Patutnya kita berbangga atas prestasi yang diraih dan tak lupa juga dukungan dari Penerintah," ungkapnya.

Kabag KESRA Setda Kabupaten Sumbawa Evi Supiati, S. STP., M. Si  melaporkan bahwa, pelaksanaan kegiatan ini merupakan seleksi tingkat Kabupaten yang nantinya untuk para juara akan dilombakan pada Tingkat Provinsi yang rencananya akan dilaksanakan pada bulan Mei Tahun 2023 di Kabupaten Sumbawa.

"Untuk peserta yaitu diundang dari DPK se Kabupaten Sumbawa, untuk saat ini terdapat 21 peserta yang telah mendaftar," ujar Evi Supiati.

Kegiatan ini dilaksanakan sejak tanggal 22 - 25 Februari 2023, sedangkan pelaksanaan lomba dilaksanakan sejak hari Kamis hingga Sabtu pagi, terdapat 11 katagori lomba salah satunya kasidah dewasa remaja putra da Putri, bintang vokalis remaja putra dan putri, dan ada juga katagori untuk umum.

Untuk katagori yang dilombakan adalah katagori yang juga akan diperlombakan ditingkat Provinsi nantinya. Untuk itu pihaknya meminta kepada seluruh DPK Kecamatan untuk bisa mempersiapkan penampilan terbaiknya.

Pewarta: Red
Editor: R7 - 01