Polsek Utan Terus Melakukan Penyuluhan Hukum di Setiap Desa

Sumbawa - Reportase7.com

Kapolsek Utan, IPTU Awaluddin, S. Ap., M.M. Inov, terus gencar melakukan penyuluhan hukum di wilayahnya dengan melibatkan unsur pemerintah Desa dan para tokoh masyarakat sebagai tugas utama jajaran Polsek dalam menjaga Harkamtibmas, Kamis (16/05/2024).

Kapolsek Utan dalam kesempatan tersebut menjelaskan bahwa,   penyuluhan dan pencerahan hukum yang di lakukan disetiap Desa wilayah Kecamatan Utan bersama anggota Babinkamtibmas sebagai langkah maju dalam menjaga situasi harkamtibmas serta dapat menyadarkan masyarakat.

Pencerahan hukum disetiap Desa menurut mantan Kasat Intel Polres Sumbawa itu bahwa, menjaga keamanan itu bukan hanya tugas Kepolisian tapi setiap warga negara untuk bersama-sama memelihara keamanan ketertiban di wilayahnya.

"Minimal bisa menjaga dirinya dan keluarganya, kalau tugas RT minimal wilayah RT-nya dijaga begitu seterusnya ketingkat dusun sama - sama menjaga keamanan menjadi tanggung jawab bersama sampai ke tingkat Desa dan Kecamatan," ujar Kapolsek.

Kegiatan penyuluhan hukum tersebut masih kata Polsek, dilaksanakan disetiap Desa secara bergiliran.  

"Ini baru 2 Desa digelar seperti Desa Jorok dan Desa orang bawah, untuk Desa lainnya akan di jadwalkan bersama pemerintah Desa. Sehingga silaturahim tetap berjalan dengan baik dan dapat saling menasehati satu sama lain," paparnya.

Progran tersebut menurut dirinya, meruoakan program utama Polsek Utan dan tidak lepas dari koordinasi secara bersama dengan para tokoh di wilayah Desa setempat.

"Melibatkan semua pihak, termasuk Kades, Sekdes, BPD ketua RT RW Kadus, Ketua LPM dan toko-toko yang punya kompeten diwilayah tersebut. Penyuluhan hukum disetiap Desa terus ditingkatkan dan dilakukan," tandasnya.

Pewarta: HR/Mulyadi
Editor: R7 - 01