Kembangkan Wisata Bahari, Kades Gontar Baru Gelar Lomba Balap Sampan

Sumbawa - Reportase7.com

Menjadi ajang sillaturrahim antar warga, pemerintah Desa Gontar Baru, Kecamatan Alas Barat, Kabupaten Sumbawa menggelar lomba balap sampan ketinting tingkat Dusun, yang di ikuti 16 peserta. Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Kepala Desa Gontar Baru bersama panitia penyelenggara yang di hadiri oleh Camat Alas Barat, Kapolsek dan ketua Forum komunikasi kepala Desa Kabupaten Sumbawa (FK2D).

Kepala Desa Gontar Baru Sudirman, S. Pd, Kepala Desa Gontar Baru menyampaikan bahwa, lomba balap sampan tersebut merupakan ajang sillaturrahmi antar warga, juga sebagain bentuk mengembangkan  pariwisata bahari di Desa Gontar Baru.  (23/05/2024)

Disampaikan Kades, dilihat dari letak geografis, Desa Gobtar Baru berbatasan langsung dengan laut dan memiliki garis pantai yang cukup bagus untuk dikembangkan. Sehingga lomba balap sampan memjadi salah satu potensi wisata yang perlu di kembangkan untuk menunjang pendapatan Desa.

"Ajang ini sekaligus mempromosikan potensi wisata bahari dengan tampilan view yang cukup menarik, seperti view Pulau Panjang dan Pulau Srengit yang terlihat," ujar Kades Gontar Baru Sudirman.

Dari 16 peserta yang mengikuti balapan, keluar sebagai juara 1 yakni peserta dari Dusun Pabrik, nama sampannya Satya, juara 2 dari Dusun Semangat Baru, juara 3 dari Dusun Pabrik nama sampannya Anisa Putri, sementara juara harapan 1 dari Dusun Pojok Karya.

"Alhamdulillah 4 peserta yang masuk final, semuanya mewakili Dusun masing-masing dan telah menerima hadiah," terangnya.


Kegiatan ini lanjut Kades, berkat kerjasama dari semua pihak baik Camat, Kapolsek maupun BPD dan unsur lainnya termasuk partisipasi dari donator yang tidak mengikat.

"Kegiatan ini akan menjadi event tahunan yang di gelar 2 kali setahun termasuk di acara memperingati hari besar nasional," sambungnya.

Ia menambahkan bahwa, pengembangan destinasi wisata terus dilakukannya termasuk pemanfaatan pantai yang akan dijadikan lokasi pengembangan lapak UMKM dengan memperlebar tanggul yang ada dan akan dikelolah oleh Bundes sambil mengusulkan ke pemerintah Daerah. Agar dilokasi tersebut dapat di bangunkan Dermaga nelayan yang dapat digunakan oleh semua pihak termasuk akses menuju pulau panjang.

"insya Allah akan kita usulkan untuk infrastruktur pembangunan Dermaga, agar menuju ke pulau Panjang dan sekitarnya dapat diakses dengan mudah dengan menggunakan boat sehingga para pengunjung dapat menikmati keindahan alam dan panorama laut," pungkasnya.

Pewarta: HR
Editor: R7 - 01