Wabup Sumbawa Sampaikan Program Unggulan UHC, Hj Novi: Program Ini Hanya Ada di Kabupaten Sumbawa
(Foto: Wakil Bupati Sumbawa Hj. Dewi Noviany, S. Pd., M. Pd, saat safari Ramadhan di Masjid At-Taqwa dusun Pungkit Beru, Desa Pungkit, Kecamatan Lopok)

Sumbawa - Reportase7.com

Wakil Bupati Sumbawa Hj. Dewi Noviany, S. Pd., M. Pd, melaksanakan safari Ramadhan di Masjid At-Taqwa dusun Pungkit Beru, Desa Pungkit, Kecamatan Lopok, Sabtu (30/03/2024)

Wakil Bupati Sumbawa menyampaikan bahwa, situasi di Kecamatan Lopok  saat ini secara umum dalam keadaan baik, aman dan terkendali saya berharap kondisi ini dapat terus dipertahankan sebagai modal utama kita dalam melaksanakan pembangunan di segala bidang.

Pada kesempatan tersebut Wakil Bupati sangat terharu melihat padi yang sudah mulai menguning dan siap panen, tentu dengan padi yang sudah mulai menguning dan siap panen maka warga  masyarakat dapat menunaikan zakat fitrahnya, selain itu juga padi yang sudah dipanen jangan dijual semua sebagian disimpan dan digunakan pada tahun berikutnya.

Wakil Bupati menerangkan bahwa, di tahun 2024 ini pemerintah Kabupaten Sumbawa telah mengalokasikan anggaran sebesar Kecamatan lopok 4,4 miliar Rupiah yang tersebar dalam berbagai program atau kegiatan OPD untuk kecamatan Lopok seperti; pembangunan jaringan irigasi, rehabilitasi rumah tidak layak huni, pengadaan perasarana penguatan layanan primer dan masih banyak program atau kegiatan lainnya yang tersebar di beberapa lokasi di wilayah Kecamatan Lopok.

Hj. Novi sapaan akrabnya juga menyampaikan, tahun ini ada program tentang jumlah usulan pegawai ASN lingkup Pemda Sumbawa yang di formasinya di tahun 2024 sebanyak 1261 yang terdiri dari CPNS sebesar 275, dimana teknis 175 orang, tenaga kesehatan 100 orang, tenaga P3K sebanyak 986 orang yang  terdiri dari teknis 190 orang, tenaga kesehatan 150 dan tenaga guru terbanyak sebesar 646 orang.

Selain itu juga Kabupaten Sumbawa mempunyai program yang bernama UHC (Universal Health Coverage) di bidang kesehatan di mana seluruh masyarakat Kabupaten Sumbawa ketika sakit ditanggung oleh Kabupaten Sumbawa kalau tidak salah saya lihat anggarannya di BKAD ini sebesar 41 miliar.

"Luar biasa Program UHC ini hanya ada di Kabupaten Sumbawa ini. juga merupakan bentuk dari program unggulan H. MO-NOVI," terang Hj. Novi.

"Tentu program UHC ini akan dapat terlaksana jika ada pelayanan dasar berupa KTP dan KK, oleh karena itu kepada seluruh Kepala Desa yang ada di Kecamatan Lopok ini pelayanan dasar tersebut harus terpenuhi," sambungnya


Wakil Bupati memohon maaf kepada seluruh masyarakat yang berada di Kecamatan Lopok apabila 10 program unggulan H. MO-NOVI belum dapat terealisasikan seluruhnya dikarenakan adanya regulasi perubahan tentang Pilkada yang akan dilaksanakan pada tanggal 27 November 2024 mendatang.

Alokasi anggaran untuk kecamatan Lopok Tahun 2024 sebagai berikut :
Dinas pekerjaan umum dan penataan ruang sebesar Rp 1.140.000.000.
Dinas perumahan rakyat dan kawasan pemukiman sebesar Rp 165.000.000.
Dinas peternakan dan kesehatan hewan sebesar Rp 633.520.000.
Dinas pertanian sebesar  Rp 880.000.000.
Dinas pendidikan dan kebudayaan sebesar Rp 1.601.591.100.
Baznas Kabupaten Sumbawa 10 buah sarung untuk pengurus masjid dusun Pungkit Baru, Desa Pungkit.
Kementerian Agama Kabupaten Sumbawa 5 buah Al-Qur'an
Bagian Kesejahteraan Rakyat serta Kabupaten Sumbawa Masjid At-Taqwa dusun Pungkit Beru, Desa Pungkit 15 juta Rupiah, majelis ta'lim An-Nur Berora 10 juta rupiah, majelis ta'lim Al-Hikmah dusun Pungkit Loka, Desa Pungkit 10 juta Rupiah, total 35 juta Rupiah. 20 paket bantuan dari pemerintah Kabupaten Sumbawa untuk pengurus masjid serta bingkisan dari DP2KBP3A.

Pewarta: Red
Editor: R7 - 01