Menyatunya Alam dan Budaya di Bombo Ncera, Bima

Bima - Reportase7.com

Terletak di Kecamatan Belo, Desa Ncera merupakan salah satu Desa di Kabupaten Bima yang memiliki pesona alam menakjubkan.

Selain di kelilingi oleh hamparan sawah dan perkebunan, Desa Ncera juga masih memiliki hutan lebat yang dialiri oleh sejumlah sungai alam berdinding batuan dengan tekstur yang mengagumkan. Beberapa diantaranya bahkan membentuk terjunan terjunan kecil dengan kolam air berwarna biru kehijauan yang sangat mengagumkan.

Salah satu terjunan yang paling terkenal adalah air terjun Bombo Ncera. Air terjun ini memiliki beberapa tingkatan yang mencapai ketinggian sekitar 5 meter. Airnya berwarna biru kehijauan dan suasana alamnya yang tenang bisa membuat pengunjung merasakan damai dan terhubung kembali dengan alam.

Tak hanya air terjun, keindahan alam lain yang tak kalah menariknya adalah keberadaan beberapa kolam renang alami yang diapit oleh dinding batu alami dan tebing yang menakjubkan, seperti; Bombo To'i, Bombo Woha, Bombo Ncera sendiri.

Tidak hanya itu, Desa Ncera juga merupakan rumah bagi situs bersejarah Wadu La Raji, yang merupakan sarkofagus kuburan batu yang sarat akan nilai sejarah dan kebudayaan.

Atraksi budaya lainnya yang menjadi identitas kuat Desa Ncera adalah Tari Hadrah yang sarat akan pesan dan nilai nilai religi.

Tari ini biasanya dipertunjukkan sebagai tari penyambutan tamu yang diperankan oleh sejumlah penari wanita anggun dengan gerakan lembut gemulai membawa sapu tangan berwarna kuning (Pasapu Monca) sebagai simbol doa restu dan harapan kepada Tuhan Yang Mahas Esa, agar tamu selalu bahagia, aman dan sejahtera.

Jadi, berkunjung ke Desa Wisata Bombo Ncera tidak hanya sekedar untuk menikmati sebuah pesona alam, namun juga untuk menambah pengetahuan akan ragam keindahan budaya Nusantara, dan pengalaman yang tak terlupakan dalam meresapi kekayaan budaya tersebut yang masih terjaga dengan baik.

Pewarta: R7 - 01
Editor: R7 - 01