Gunung Anak Dara, Permata di Puncak Sembalun

Lombok Timur - Reportase7.com

Lombok, sebuah pulau kecil yang terletak di sebelah timur Bali, dikenal dengan keindahan alamnya yang menakjubkan. (23/01/2024)

TripAdvisor bahkan menempatkannya pada posisi ke 5 Destinasi Wisata Alam terbaik di dunia.

Selain memiliki hampir ratusan pantai dan gili yang memukau, Lombok juga memiliki pegunungan dengan pesona yang tak kalah memukau.

Meskipun saat ini pendakian ke gunung Rinjani sedang ditutup sementara, tetapi Lombok masih memiliki banyak alternatif bagi para pendaki. Salah satunya adalah Gunung Anak Dara di Sembalun.

Gunung Anak Dara memiliki ketinggian sekitar 1.924 meter di atas permukaan laut. Meskipun tidak sepopuler Gunung Rinjani, keindahan alam yang ditawarkan Gunung Anak Dara tidak kalah menakjubkan. Dari puncaknya, para pendaki dapat menikmati panorama yang memukau berupa hamparan sawah yang hijau, lembah berselimut kabut, barisan pegunungan memagari Rinjani, Lautan Hindia yang membentang dengan warna biru terlihat menyatu dengan langit dan gunung Tambora yang menyapa di kejauhan.

Perjalanan menuju puncak Gunung Anak Dara relatif mudah. Untuk mencapai puncak, dibutuhkan waktu sekitar 2,5 jam saja bagi pendaki profesional, 3-4 jam bagi pendaki reguler, dan sekitar 6-7 jam untuk perjalanan naik turun pada hari yang sama bagi yang tidak ingin bermalam.

Buat kalian yang tertarik mendaki Gunung Anak Dara, penting untuk membaca kondisi cuaca, mengingat cuaca di pegunungan bisa berubah-ubah. Pastikan untuk melakukan persiapan yang matang mulai dari peralatan mendaki, perlengkapan dan kondisi fisik.

Demi keamanan dan kenyamanan selama proses pendakian, usahakan untuk selalu menggunakan jasa guide lokal yang memahami setiap medan dengan baik.

Sumber: BPPD NTB
Editor: R7 - 01