(Foto: Baiq Niki Ayuningtia siswi MAN 2 Mataram yang terpilih sebagai ToT dari Unicef)

Mataram - Reportase7.com

MAN 2 Mataram, kembali menjadi perbincangan, salah satu siswa yang bernama Baiq Niki Ayuningtia merupakan Duta UNICEF Indonesia sejak 2019 lalu. Gadis yang duduk di bangku kelas XII IPA ini pernah meraih prestasi public speaker semenjak duduk dibangku Tsanawiyah. (14/11/2023)

Keterlibatan Niki sebagai Duta UNICEF ini merupakan perwakilan dari generasi milenial atau generasi Z yang secara tidak langsung memberikan edukasi dan diskusi dengan rekan-rekan generasi muda se-nusantara.

Kegiatan Niki yang terbaru saat ini adalah mengikuti kegiatan UNICEF berupa Komunikasi Antar Pribadi (KAP) bersama generasi muda lainnya.

UNICEF mendukung Kementerian Kesehatan untuk mengurangi "zero dose" cases dan mempromosikan imunisasi rutin di 10 provinsi di Indonesia. Salah satu bentuk dukungan dari UNICEF adalah dengan membangun kapasitas Komunikasi Antar Pribadi (KAP).

UNICEF akan melaksanakan serangkaian Pelatihan bagi Pelatih / Training of Trainers (ToT) mulai Oktober 2023 sampai dengan Juni 2024, dan Niki juga berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Adapun peserta merupakan Perwakilan generasi muda yang tersebar di seluruh Indonesia. Niki terpilih sebagai salah satu Trainer of Trainer oleh UNICEF.

Untuk diketahui, Niki satu-satunya siswa madrasah dan peserta termuda, karena semua peserta sudah berstatus sebagai mahasiswa dan karyawan.

Rangkaian kegiatan dari TOT ini adalah kegiatan diisi dengan pemberian materi oleh master of trainer yaitu Konsultan UNICEF Risang Rimbatmaja dan Dinas kesehatan Kota Bandung.


Deretan prestasi yang pernah diraih oleh Niki, yaitu: Niki banyak pengalaman sebagai nara sumber di tingkat Internasional, Nara Sumber Webinar Online Remaja Sehat Bebas Anemia yang diselenggarakan oleh Direktorat Gizi Masyarakat dalam rangka Hari Gizi Nasional ke-61.4.

Selama menjadi siswa MAN 2 Mataram, Niki selalu aktif dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler MEC (Manda English Club) dan ORSIMA. 

Niki juga merupakan Duta Literasi MAN 2 Mataram yang terpilih mewakili generasi milenial dan kerap didapuk sebagai moderator dan MC diberbagai event.

Pewarta: Red
Editor: R7 - 01