(Foto: Kegiatan HUT SMA Negeri 1 Mataram yang berlangsung meriah di hadiri oleh oleh para alumni dan kepala Dispora Provinsi NTB)


Mataram - Reportase7.com

SMA Negeri 1 Mataram (Smansa) memperingati Hari Ulang (HUT) ke-66 Selasa, (15/08/2023) dengan tema "SMANSA Jaya, Bersinarlah Slalu" bertempat di Lapangan Basket Smansa.

Acara HUT ini diawali dengan Upacara Bendera yang diikuti oleh Kepala Sekolah, Ketua Alumni Smansa, Ketua IKA Smansa sekaligus pimpinan DPRD Kota Mataram H. Didi Sumardi, SH, para guru dan pegawai serta seluruh siswa siswi Smansa.

Pembina upacara pagi ini dipandu langsung oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi NTB Drs. Tri Budiprayitno, M. Si, dan pembacaan teks Pembukaan UUD 1945 oleh Ketua IKA Smansa, H. Didi Sumardi, SH.

Ketua IKA tampil dengan seragam SMA bernuansa putih abu, senada dengan seragam yang digunakan siswa-siswi Smansa.

Pada kesempatan ini, Tri Budi menyampaikan beberapa poin, pesan dan kesan untuk SMA Negeri 1 Mataram, sekaligus sebagai perwakilan pemerintah dan khususnya mewakili alumni tahun 1984.

"Alhamdulillah saya disini bisa hadir dalam rangka merayakan HUT Smansa yang ke66, angka ini merupakan angka yang luar biasa," ungkapnya.


Semoga dengan bertambahnya usia semakin meningkatkan kualitas dan mutu sekolah ini, serta terus memainkan perannya dalam menuntaskan pendidikan anak bangsa.

Dijelaskan Tri Budi diusia ke-66 tahun sekolah ini, tentu bukanlah waktu yang singkat, karena sudah banyak suka dan duka yang dilalui sekolah ini dalam membanhun lembaga pendidikan menuju kearah yang maju.

SMAN 1 Mataram merupakan salah satu sekolah favorit di Kota Mataram. Banyak prestasi-prestasi yang diraih sekolah ini juga baik dalam bidang akademik maupun non akademik. Beberapa alumni sekolah ini juga banyak diterima di Perguruan Tinggi terkenal.

Ditemui terpisah Ketua IKA Smansa, H. Didi Sumardi, SH, menambahkan HUT Smansa ini disetiap tahunnya selalu dijadikan momentum yang sifatnya bersejarah bagi semua, lebihnya untuk memperteguh, memperkuat dan semakin meningkatkan komitmen serta kebersamaan dalam civitas akademika termasuk alumni smansa.

Diakui H. Didi bahwa disetiap peringatan Smansa ini selalu diadakan kegiatan lomba, selain upacara seperti ini, diantaranya, ada seni dan olahraga (SKETSA) yang diadakan oleh para osis atau alumni.

"Disamping ada kegiatan SKETSA, sekolah juga mengadakan jalan sehat yang akan dilaksanakan pada tanggal 17 September 2023 yang diikuti oleh seluruh covitas sekolah, alumni dan umum," imbuhnya.

Kemudian terakhir akan ada workshop yang pesertanya ialah guru SMA/MA, seNTB, bisa juga untuk SMK karena mengikuti kurikulum merdeka belajar, meskipun ada perbedaan namun prinsipnya berkaitan bagaimana mengakselerasi dan membangun pelaksanaan standard pembelajaran dengam berpacu pada 8 standar pendidikan nasional.


Workshop ini pesertanya bisa mendaftar secara offline dan online. Bagi sekolah yang ada di Kota Mataram bisa secara offline, dan untuk sekolah yang jauh bisa melalui online, tandasnya.

Usai upacara bendera, acara dilanjutkan dengan Prosesi Pemotongan Tumpeng oleh Kepala SMAN 1 Mataram bersama Ketua Komite SMAN 1 Mataram, Ketua IKA Smansa, dan Kadis Dispora.

Selanjutnya dilakukan pelepasan sepuluh ekor burung merpati, untuk melambangkan pergantian kepala sekolah yang telah terjadi sebanyak 10 kali selama 66 tahun SMA Negeri 1 Mataram berdiri. Hal ini juga bentuk rasa hormat dan patuh dari keluarga besar Smansa Mataram.

Lalu diakhir acara dirangkaian dengan kegiatan tasyakuran dan acara ramah tamah untuk mempererat tali silaturahmi antara keluarga besar Smansa, khususnya bersama alumni bertempat di Aula Rinjani SMAN 1 Mataram.

Pewarta: Fitri
Editor: R7 - 01