(Foto: Kapolresta Mataram Kombes Pol Mustofa beserta Kapolda NTB Irjen Pol Djoko Poerwanto, Pupati Lombom Barat H. Fauzan Khalid, Kepala Kanwil Kemenag NTB Zamroni Azis, Ketua DPRD Lombom Barat Nur Hidayah, Ketua KPU NTB, Ketua Bawaslu NTB, serta jajaran PJU Polresta Mataram saat kegitan Safari Kamtibmas di Ponpes Ad-Diinul Qayyim Kapek Gunungsari)


Mataram - Reportase7.com

Polresta Mataram melaksanakan Safari Kamtibmas yang dirangkaikan dengan Bakti Sosial (Baksos) di Pondok Pesantren (Ponpes) Ad-Diinul Qayyim Kapek Gunungsari dan Pure Pamakasan di Kecamatan Lingsar, Kabupaten Lombok Barat, Selasa (29/08/2023).

Kegiatan yang rangkaikan dengan penyampaikan pesan-pesan Kamtibmas dan dialog bersama warga masyarakat dalam rangka menyambut pemilihan umum dan menjaga situasi Kamtibmas. Kegiatan tersebut juga dirangkaikan dengan kegiatan Baksos penyerahan 10 buah Warles (pengeras suara), 50 sak semen kepada Ponpes Ad-Diinul Qayyim serta 50 sak semen kepada Pure Pamekasan.

Adapun penyerahan 50 buah Mushab Alqur'an serta 50 lembar kain sarung kepada Ponpes Ad-Diinul Qayyim, serta pemberian 2 unit kursi roda kepada 2 warga disabilitas.

Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Kapolda NTB dan diterima langsung oleh Pimpinan Ponpes Ad-Diinul Qayyim H. Zahrul Maliki dan Pengurus Pura Pamakasan, serta warga Disabilitas.

Kapolda NTB Irjen Pol. Drs. Djoko Poerwanto didampingi Kapolresta Mataram Kombes Pol Mustofa SIK MH., Kepala Kanwil Kemenag, Ketua KPU NTB, Ketua Bawaslu NTB, Bupati Lombok Barat, Ketua DPRD Lombok Barat, Kapolresta Mataram, PJU Polda NTB, PJU Polresta Mataram, Ketua dan pengurus serta para santri dan santriwati Ponpes Ad-Diinul Qayyim Kapek, Gunungsari, Lombok Barat.

Kapolresta Mataram Kombes Pol Mustofa SI.K., MH., , kepada awak media mengatakan, bahwa kegiatan yang dilakukan tersebut merupakan upaya Polresta Mataram dalam menjaga dan memelihara Kamtibmas agar tetap kondusif. Dengan melakukan silaturahmi dengan tokoh agama, tokoh masyarakat dan masyarakat diharapkan mampu menjalin kedekatan emosional antara masyarakat dengan kepolisian.

"Safari Kamtibmas yang dilakukan Polresta Mataram kali ini dalam rangka mengupayakan Pemilu damai pada pesta demokrasi tahun 2024 mendatang," jelasnya.

Pada acara tersebut Kapolda NTB berkesempatan menyampaikan beberapa pesan Kamtibmas serta berkesempatan melakukan dialog dengan warga masyarakat.


Disamping Kapolda NTB, Ketua Bawaslu, Ketua KPU, Kakanwil Kemenag NTB serta Bupati Lombok Barat juga memberikan beberapa poin melalui sambutannya dalam rangka mengajak warga masyarakat Kecamatan Gunungsari, khususnya di lingkungan Ponpes untuk bersama -sama menjaga dan memelihara Kamtibmas.

"Barusan dikatakan oleh Bupati Lombok Barat bahwa Keamanan dan kenyamanan itu milik bersama, tidak akan bisa masyarakat melakukan aktivitas mencari nafkah bila dalam keadaan situasi tidak aman, dan ibadah pun tidak Khusu' bila keamanan tidak tercipta. Oleh karena itu menjaga dan menciptakan keamanan itu tugas bersama," jelas Mustofa.

Disamping itu lanjut Mustofa, pemberian Bansos kepada masyarakat serta kursi roda kepada warga yang membutuhkan, dan  penyerahan bantuan material berupa semen untuk pembangunan tempat ibada dalam hal ini Ponpes dan Pura merupakan bentuk dukungan dan kepedulian Kepolisian pada masyarakat dan kebutuhan masyarakat. Diharapkan Bansos tersebut akan berguna bagi warga masyarakat itu sendiri.

"Kami berharap apa yang telah kami berikan tersebut dapat bermanfaat bagi seluruh warga setempat terutama kepada anak didik di Ponpes Ad-Diinul Qayyim. Begitu pula material berupa  semen di Pura Pamaksan, semoga bermanfaat bagi  masyarakat di wilayah kecamatan Gunungsari pada umumnya," tutup Kapolresta Mataram.

Ia berharap kepada para tokoh agama dan masyarakat agar kiranya mau secara bersama-sama membantu upaya Kepolisian dalam hal ini  Polresta Mataram dalam menjaga dan memeliha ketertiban dan keamanan masyarakat untuk mewujudkan Pemilu Damai 2024 mendatang.

Pewarta: Red
Editor: R7 - 01