(Foto: Pantauan CCTV Gunung Kondo dan GPS+Kamera terlihat jelas titik api pada jalur pendakian Resort TNGR Aik Beik menuju Gunung Renjani)


Lombok Tengah - Reportase7.com

Telah terjadi kebakaran pada jalur pendakian Aik Berik Resort Aik Berik SPTN I sekitar pos 3 dan camp site, belum tau pasti akibat kebakaran tersebut. Dari pantauan petugas TNGR terlihat kepulan asap pada lokasi tersebut, Jum'at (04/08/2023).

Melihat kebakaran terjadi di lokasi jalur pendakian para personil petugas  keamanan dengan sigap melakukan pengecekan pada sumber yang terjadi kebakaran, adapun personil yamg terlibat seprti petugas dari TNGR, 7 MPA, 1 Babinsa Aik Berik Pelda Lalu Fathlahir dan Babinpolmas Aipda Ahmad Muaidi.

Para petugas yang melakukan pengecekan ke lokasi titik atau sumber api juga dilengkapi dengan perlengkapan pemadaman seperti Parang, Kapak, Kepyok serta perlengkapan pendukung yakni CCTV Gunung Kondo, GPS+Kamera, peralatan camping.

Dinas LH Provinsi NTB melakukan rutinitas pengecekan aplikasi SIPONGI, pada hari jumat sekitar pukul 07.16 Wita tanggal 04 Agustus 2023 mendapati 4 hotspot, 3 titik melaui satelit NASA-NOAA20 dan 1 titik satelit NASA-SNPP. Dari pemantauan CCTV Gunung Kondo pada pukul 07.20 Wita terlihat adanya api dan kepulan asap di lokasi jalur pendakian Aik Berik. Informasi hasil pantauan hotspot dan cctv diteruskan ke grup WA Balai kemudian petugas yang keberadaan lokasinya memungkinkan untuk melihat titik api agar memantau dan menginformasikan perkembangan melalui WA grup.

Balai TNGR juga mendapatkan informasi lapangan dari Kepala Desa Lantan bahwa, terlihat kobaran api di dekat puncak Gunung Kondo. Petugas dari Resort Joben juga melihat kepulan asap yang dilihat dari dusun Aik Bual.

Titik api dari aplikasi SIPONGI kemudian dioverlaykan dengan peta wilayah kerja TNGR didapatkan hasil lokasi hotspot berada di Resort Aik Berik pada titik -8.442740°S 116.388820°E, berada di kanan kiri jalur wisata pendakian pada jarak 8 Km dari batas kawasan pada ketinggian 2100-2600 mdpl. Kemudian Balai TNGR melakukan koordinasi dengan para mitra untuk penanganan pemadaman yakni Kepala Desa Aik Berik, Polsek BKU, Koramil 07, MPA Resort Aik Berik serta Pokdarling Umar Maya selanjutnya setelah disepakati tim yang berjumlah 12 orang tersebut akan berangkat setelah selesai sholat jumat dan tim melakukan persiapan peralatan dan logistik untuk pemadaman.

Pada pukul 14.00 WITA tim berangkat dari kantor Resort Aikberik menuju batas kawasan menggunakan mobil dan tiba di Jebak Gawah sekitar pukul 14.45 WITA, selanjutkan dilanjutkan dengan jalan kaki menuju lokasi kebakaran sekitar pukul 14.55 WITA dengan perkiraan waktu tempur sekitar 6 - 7 jam perjalanan pada lokasi kebakaran.

Berdasarkan pantauan cctv sampai dengan pukul 19.08 dan hasil overlay 4 hotspot, luas kebakaran hutan diperkirakan seluas 74 hektar.
8.    Pada 20.30 posisi tim terakhir berada di sekitar 1,5 km dari lokasi titik api. Pantauan cctv pada 20.48 Wita masih terlihat kobaran api yang menyala.

Berdasarkan hasil koordinasi dengan Seksi Wilayah III Balai PPI JBN, rencannya besok akan bergabung memberikan dukungan dan selanjutnya menunggu informasi tim pemadaman setelah sampai di lokasi kebakaran.

Pewarta: Red
Editor: R7 - 01