(Foto: Kepala SMKN 1 Selong Abdul Wahid bersam para guru dan siswa siswi juru gambar yang bekerjasama denga kementerian PUPR)


Lombok Timur - Reportase7.com


Balai Jasa Konstruksi Wilayah IV Surabaya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bekerja sama dengan SMK Negeri 1 Selong, Kabupaten Lombok Timur dalam rangka mendukung pembangunan infrastruktur, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat mendorong pemanfaatan teknologi digital melalui metodologi Building Information Modelling (BIM).

Building Information Modeling (BIM) merupakan suatu inovasi baru di dunia konstruksi yang saat ini sudah mulai diwajibkan oleh pemerintah.

Salah satu software yang sedang booming yang banyak digunakan di dunia konstruksi yakni software Tekla Structure dari perusahaan Trimble Solution.


Dalam konteks pembangunan Ibu Kota Negara (IKN), Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo menyatakan agar penggunaan BIM mampu mempermudah koordinasi dan integrasi lintas sektor. Sehingga terwujud efisiensi, pengendalian manajemen pelaksanaan konstruksi hingga serah terima pemanfaatan aset.

Pelatihan Juru Gambar Building Information Modelling (BIM) dilaksanakan pada tanggal 31 Juli 2023 hingga 05 Agustus 2023, kegiatan ini dibuka oleh Kepala SMKN 1 Selong Abdul Wahid, menyampaikan apresiasinya atas adanya kerja sama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dengan SMK Negeri 1 Selong.

Wahid menjelaskan Pelatihan BIM ini merupakan update teknologi konstruksi untuk SMK bidang konstruksi dengan maksud aplikasi ini akan lebih memudahkan siswa maupun guru dalam gambar bangunan yang saat ini sangat dibutuhkan.

"Kami bersyukur balai Jaskon Wilayah IV Surabaya memberikan pelatihan BIM untuk 64 siswa dan gurunya selama 6 hari, dan harapan sekolah kalau gurunya juga dilatih sehingga semua anak jurusan bangunan akan bisa menggunakan aplikasi baru ini. Maka kemajuan teknologi konstruksi tidak akan ketinggalan di SMKN 1 Selong," pungkasnya.

Staf Seksi Pelaksanaan Balai Jasa Konstruksi Wilayah IV Surabaya Kementerian PUPR Adita Puteri Pertiwi, SH., MH, saat ditemui media Reportase7 Kamis, (03/08/2023) mengatakan kegiatan pelatihan BIM ini baru pertama kali dilaksanakan di SMKN 1 Selong.

"SMKN 1 Selong menjadi sekolah pertama kami laksanakan pelatihan BIM ini, sebelumnya memang sudah bekerjasama dalam berbagai bidang, namun untuk pelatihan BIM baru kali ini," ujarnya.


Dalam kegiatan pelatihan ini ada tiga orang intruksi, yakni: Ir. Wahiddin, ST., MT., IPM. ASEAN Eng. (Dosen Teknik Sipil Politeknik Negeri Malang), Hariyadi, ST., M. Sc, (Eng), Dr. Eng. (Dosen Teknik Sipil Universitas Mataram), dan Mayang Lumongga (Geospatial Marketing PT. Hidronav Teknikatama).

Wakahumas SMKN 1 Selong Muhammad Zainuddin juga menambahkan kegiatan ini adalah bentuk kerjasama sekolah dengan Balai Jasa Kontruksi Kementrian PUPR dimana SMKN 1 Selong ditunjuk sebagai sekolah untuk melaksanakan pelatihan BIM.

"Hal ini tentunya membuat bangga sekolah, karena dari beberapa sekolah yang ada di NTB, SMKN 1 Selong bisa mendapatkan pelatihan ini karena ada persyaratan yang harus dipenuhi seperti adanya perangkat komputer disekolah harus memenuhi standard," tukasnya.

Dan untuk pelatihan ini siswa akan mendapatkan sertifikasi pengakuan terhadap kompetensi yang dimiliki.

"Kami berharap agar kegiatan ini diperbanyak lagi dan semoga kedepannya para guru disekolah juga bisa mendapatkan pelatihan BIM agar menjadi seimbang ilmu guru dengan ilmu siswa," tutupnya.

Pewarta: Fitri
Editor: R7 - 01