(Foto: dr. H. Lalu Herman Mahaputra Dirut RSUD Provinsi NTB dan sejumlah tenaga media)


Mataram - Reportase7.com

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) telah menyiapkan hingga 200 orang tenaga medis saat perhelatan Motocross Grand Prix (MXGP) yang digelar di Selaparang Lombok dan Samota.

"Sebanyak 200 tenaga kesehatan yang sudah dipersiapkan, dan untuk MXGP Selaparang ada 105 tenaga medis dikerahkan untuk menyukseskan MXGP ini," ungkap Direktur RSUD Provinsi NTB dr. H. Lalu Herman Mahaputra yang akrab disapa dr. jack.

Ia mengatakan tenaga medis ini disiapkan di ring satu dan dua yang berada di area sirkuit. Sementara untuk di ring tiga berada area penonton.

Untuk MXGP di Lombok karena lokasinya yang berada di dalam Kota, maka RSUD Kota Mataram diminta menjadi yang terdepan dalam persiapan medis ini. RSUP hanya akan melakukan back up sesuai kebutuhan.

"Semua tim medis dari dalam daerah, bahkan kita juga mendorong RSUD Kota Mataram menjadi yang terdepan. Tapi tetap kami sebagai Chief Marketing Officer (CMO)," ujar Komandan Lapangan MXGP Selaparang ini.

dr  jack juga menjelaskan, RSUD NTB berkolaborasi dengan tiga rumah sakit yaitu RSUD Sumbawa, RS H.L. Manambai, dan RSUD R Soedjono Selong, Lombok Timur dipimpin CMO (Chief Medical Officer) berasal dari RSUD Provinsi NTB.

"Tim Medical Center MXGP Lombok terdiri dari delapan dokter spesialis, tujuh dokter umum dan 76 perawat, beserta SDM pendukung lainnya seperti sopir ambulans dan lain lain," jelasnya.

Sementara, L. Dodi Setiawan, penanggungjawab kegiatan saat simulasi di sirkuit Selaparang mengungkapkan ada 2 penempatan petugas medis yaitu di ring satu (lintasan) dan medical center MXGP.

Petugas medis yang dikerahkan ini berasal dari unsur perawat, dokter umum dan dokter spesialis dari seluruh layanan kesehatan kabupaten/ kota yang ada di Pulau Lombok.

Khusus Medical Center, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Provinsi Nusa Tenggara Barat menyiapkan enam mobil ambulans, 12 grup pos dan satu mobil intervensi.

Pewarta: Fitri
Editor: R7 - 01