(Foto: para Alumni MAN 2 Mataram yang di terima di PTN luar dan dalam Negeri)


Mataram - Reportase7.com

Sebanyak 166 siswa MAN 2 Mataram di terima di PTN Luar dan Dalam Negeri. Hal ini tentunya menjadi salah satu prestasi yang kesekian kalinya untuk Madrasah ini.

MAN 2 Mataram adalah sudah menjadi salah satu madrasah yang terbaik di NTB. Dan saat ini kembali meraih predikat sebagai madrasah unggulan peringkat ke-6 dari 1500 madrasah yang ada di Indonesia. (26/06/2023)

Capaian ini ditunjukkan dari jumlah alumni berhasil lulus diterima melalui jalur SNBT (Seleksi Nasional Berbasis Tes), jalur undangan dan jalur prestasi serta kuliah di Luar Negeri.

Rinciannya yakni sejumlah 113 orang lulus berdasarkan SNBT, 28 orang melalui jalur undangan atau prestasi (SNBP), dan 13 orang diterima di SPAN PTKIN. 

Lalu lima orang diterima melalui beasiswa fully funded di UIN Sunan Ampel Surabaya melalui SPAN-PTKIN dan tujuh orang lulus di Universitas Al Azhar Mesir Kairo.

Dan dari jumlah tersebut bahwa siswa MAN 2 Mataram yang berhasil lulus ke perguruan tinggi dalam dan luar negeri berjumlah 166 orang dan merupakan siswa yang diterima di PTN umum maupun PTKIN.

Ada beberapa orang siswa MAN 2 Mataram juga tengah menunggu pengumuman lulus dari beberapa perguruan tinggi di negara-negara Jazirah Arab, seperti Yordania, Maroko, Yaman, Turki, Sudan dan lainnya.

Kepala Madrasah Drs. H. Lalu Syauki MS, M. Pd, ketika menutup acara Gelaran Manda Akhir Semester (Gemas) mengatakan bahwa, MAN 2 Mataram adalah salah satu Madrasah unggulan di Indonesia.

"Terkait dengan prestasi, sebagai tambahan referensi, sejak tahun 2022 MAN 2 Mataram telah dinobatkan sebagai salah satu Madrasah Aliyah Unggulan di Indonesia," ujar Syauki.

Tercatat selama tiga hari PPDB dibuka ada 1065 pendaftar dan yang diambil sekitar 10 persen dari jumlah pendaftar.

Tahun lalu, MAN 2 Mataram juga menorehkan prestasi spektakuler dengan siswa terbanyak yang diterima melalui jalur undangan dan tes di perguruan tinggi negeri.

Rahasia dari keberhasilan siswa MAN 2 Mataram ini adalah karena keseriusan dan komitmen mereka yang tinggi dalam menyiapkan diri mereka untuk melanjutkan ke perguruan tinggi yang mereka inginkan.

Apa yang diraih oleh MAN 2 Mataram hari ini adalah capaian dari tim yang solid dari segenap warga madrasah, ujarnya.

Jika kerjasama tim selalu diutamakan. We are not Supermen, but we are superteam. MAN 2 Mataram juga terkenal dengan jargon Mandiri, Menginspirasi dan Mendunia. Tentu hal ini tidak dilakukan oleh Kepala Madrasah sendiri.

"Tetapi jika semua warga madrasah terlibat, maka jargon Mandiri, Menginspirasi dan Mendunia akan segera menjadi nyata," tutupnya.

Pewarta: Fitri
Editor: R7 - 01