(Foto: Ketua Dekranasda NTB Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah (tengah) saat menghadiri penutupan bimtek desainer fashion tenun Sumbawa)


Sumbawa - Reportase7.com

Kegiatan Fashion Designer Berbasis Tenun yang digelar di SMKN 1 Sumbawa Besar resmi ditutup Ketua Dekranasda NTB Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah, bertempat di SMKN 1 Sumbawa Besar, (24/06/2023).

Bunda Niken sapaan akrabnya menyampaikan senang sekali bisa hadir dengan adanya kegiatan bimtek untuk para Fashion Designer berbasis tenun.

"Saya sebagai Ketua Dekranasda NTB bahwa Provinsi kita ini kecil tapi memiliki cita-cita besar mengutip pak Gubernur," ungkap Bunda Niken.

Bunda Niken menambahkan, Provinsi NTB memang kecil terdiri dari pulau-pulau kecil yang jumlahnya tidak terlalu besar, namun NTB bagian dari republik ingin negara Indonesia menjadi maju.

"Salah satunya keinginan Indonesia adalah untuk menjadi pusat busana muslim dunia," ujarnya.


Untuk menjadi pusat busana muslim dunia bukanlah hal yang tidak mungkin karena NTB memiliki potensi akan hal itu.

"Kita di NTB ingin menunjukkan bahwa Indonesia bisa maju jika masyarakat seluruhnya tegak," imbuhnya.

Ia menjelaskan, upaya-upaya menuju kesuksesan tidak cukup dengan pelatihan hanya beberapa hari tetapi butuh waktu bertahun-tahun untuk bisa merasakan sedikit hasil dari keringat.

"Jadi upaya yang kita lakukan saat ini adalah untuk membentuk suatu sistem nantinya yang akan melibatkan berbagai pihak untuk berkontribusi. Karena. Dunia fashion ini memiliki pemasukan bagi pertumbuhan ekonomi," pungkasnya.

NTB bisa dengan bertambahnya 20 designer busana di Kabupaten Sumbawa sehingga bisa menjadi titik untuk melihat busana dan tenun yang bagus kedepannya.

Perlu diketahui, kegiatan ini diselenggarakan oleh Dinas Perindustrian Provinsi NTB bekerjasama dengan Diskoperindag Kabupaten Sumbawa dan SMKN 1 Sumbawa Besar.

Pewarta: Fitri
Editor: R7 - 01