(Foto: H. Ruju Rachmad, S. Pd, saat serah terima jabatan sebagai Kepala SMK Negeri 3 Mataram kepada Sulman Haris sebagai penggantinya)


Mataram - Reportase7.com

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 3 Mataram menggelar kegiatan serah terima jabatan (Sertijab) untuk kepala Sekolah yang baru dan lama, bertempat di Aula SMKN 3 Mataram, Rabu, (22/06/2023).

Dalam kegiatan tersebut, turut di hadiri kepala sekolah yang baru dan lama, dan disaksikan langsung oleh Kepala Cabang Dinas Mataram Ahmad Muhaji, Ketua Komite dan seluruh guru dan staf SMKN 3 Mataram.

Kepala Sekolah SMK Negeri 3 Matara. H. Ruju Rachmad, S. Pd, menyerahkan jabatan kepsek yang baru kepada Sulman Haris sebagai penggantinya.

Dan di ketahui, kedua Kepala Sekolah ini bergantian posisi untuk tempat tugas baru. Sulman Haris masuk sebagai Kepsek di SMKN 3 Mataram dan begitupun sebaliknya Ruju Rachmad sebagai kepsek SMKN 1 Jonggat, Lombok Tengah.

Dalam kesempatan tersebut, Kepsek SMKN 3 Mataram yang lama Ruju Rachmad, S. Pd, menyampaikan, rasa hormat dan bangganya terhadap seluruh pihak di sekolah tersebut. Selain itu dirinya juga menyampaikan permohonan maaf, jika selama memimpin ada hal-hal yang tidak berkenan.

“Atas nama keluarga dan atas nama pribadi, mungkin selama lebih tiga tahun memimpin, meminta maaf yang sebesar-besarya jika ada kebijakan dan perilaku yang tidak menyenangkan,” ungkap Ruju Rachmad.

Sebelum menjabat di sekolah ini tepatnya tahun 2020 silam, dirinya membutuhkan waktu lebih satu tahun. Terlebih lagi di tahun yang sama, NTB tengah di goncang Pandemi Covid 19. Semua kegiatan terlaksana melalui daring.

“Alhamdulillah, dengan waktu yang cukup lama, saya akhirnya bisa menyatukan visi dan misi bersama para guru dan staf,” lanjutnya.

Kemudian Ruju mengajak seluruh jajaran SMKN 3 Mataram agar dapat menerima dengan baik kepala sekolah yang baru. Sebab ke depan, masih banyak PR yang belum terlesaikan dan sejumlah prestasi yang harus di pertahankan.

“Teruslah berkarya dan berinovasi. Siapapun yang menjadi kepala sekolah tolong hargai dan hormati. Kita sama-sama ingin sekolah maju. Jadi tolong dukung Pak Sulman. Apalagi saya tahu bahwa Pak Sulman, sudah banyak berjasa selama mengabdi di sekotong,” pesannya.

Sementara itu, Kepala SMKN 3 Mataram yang baru, Sulman Haris menyampaikan apresiasi atas berbagai prestasi Ruju Rahmat selama mengabdi di sekolah ini.

Ia pun mengajak seluruh guru dan staf sekolah, untuk saling terbuka dan bekerja sama.

“Dengan segala kekurang dan kelebihan, mohon bimbingan dan arahan seluruh pihak di SMEKTI. Mari kita sertakan jiwa dan raga, agar kita hadir di hati dan jiwa anak-anak kita. Ilmu itu harus mengalir, sehingga mari salurkan ilmu pengetahuan kepada dirinya yang hadir di sekolah ini,” ujar Sulman.

Diwaktu yang sama, Ahmad Muhaji selaku Kepala KCD menilai, selama menjabat, Ruju Rahmat telah memberikan kontribusi yang besar terhadap SMKN 3 Mataram.

“Banyak sekali jasa Ruju, termasuk di setiap event-event di NTB, selama di pimpin Ruju, SMEKTI selalu ikut terlibat, khususnya di event yang bernuansa pendidikan. Kepada Bapak Ruju, selamat menjalankan tugas di SMKN 1 Jonggat,” ucapnya.

Di lain sisi, dirinya berpesan agar kepala sekolah yang baru, untuk lebih memperhatikan sisi peningkatan dan pengembangan sumber daya manusia dibanding fasilitas.

“Sekarang sudah ada kepala sekolah yang baru. Jadi mari kita terima dengan lapang dada, mari bangun SMKN 3 Mataram, dengan kerja sama dan kolaborasi yang baik ke depannya,” jelasnya.

Pewarta: Fitri
Editor: R7 - 01