(Foto: Kepala Dinas Dikbud Provinsi NTB Dr. H. Aidy Furqan, M. Pd, saat membuka secara resmi LKS-OSN di Taman Rinjani Selong, Lombok Timur)


Lombok Timur - Reportase7.com

Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK, SLB, dan Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMA kembali digelar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTB. Kegiatan yang berlangsung di Taman Rinjani Selong itu penuh dengan atraksi budaya, Senin (05/06/2023).

Melalui ajang ini NTB kembali menargetkan untuk menjadi Juara ditingkat LKS nasional. Dalam mendukunh pembukaan LKS dan OSN Dinas Dikbud NTB awali dengan event karnaval budaya yang diikuti oleh 30 ribu peserta dari sekolah se-NTB.

Pelaksanaan LKS SMK, SLB akan dimulai pada Selasa, 6 Juni 2023, sedangkan OSN SMA dimulai Senin, 5 Juni 2023. Lombok Timur sebagai juara LKS ditahun 2022 menjadi tuan rumah untuk pelaksanaan LKS tahun 2023 ini.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTB Dr. H. Aidy Furqan, M. Pd, dalam laporannya mengatakan bahwa pembukaan LKS dan OSN ini dibuka dengan penyelenggaraan event karnaval budaya yang merupakan penyeimbangan dari layanan pendidikan dan kebudayaan.

"Peserta yang hadir terdiri dari siswa-siswi, kepala sekolah, dan official," ungkap Aidy saat membuka acara LKS.

Menurutnya, karnaval budaya ini diselenggarakan karena NTB masuk dalam lima besar nasional dalam indeks kemajuan kebudayaan.

"Acara ini menjadi penilaian nasional Bupati sejak tahun 2021 hingga saat ini," terangnya.

Selain event karnaval, Dinas Dikbud juga mengadakan expo SMK yang bertempat di GOR Hamzanwadi Selong. Kegiatan expo ini juga dirangkai dengan layanan pendaftaran siswa baru.

"Saat ini calon siswa baru yang mendaftar sudah mencapai 35ribu orang, yan akan lanjut ke tingkat SMA dan SMK, selain expo kita juga berikan konseling PPDB dan layanan konsultasi," jelasnya.

Ia juga melaporkan kepada Bupati Lombok Timur bahwa tahun depan Lombok Timur kembali akan menjadi tuan rumah Anugerah Istimewa Sekolah (AISO) pada hari Pendidikan Nasional tahun 2024.

“Karena Lombok Timur menjadi juara umum dalam AISO 2023," pungkasnya.

Pewarta: Fitri
Editor: R7 - 01